pengembangan multimedia interaktif mobile learning berbasis problem based learning pada materi ekosistem untuk melatih keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa sma negeri 7 malang / mawaddatul hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan multimedia interaktif mobile learning berbasis problem based learning pada materi ekosistem untuk melatih keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa sma negeri 7 malang / mawaddatul hasanah

Mawaddatul Hasanah (2021) pengembangan multimedia interaktif mobile learning berbasis problem based learning pada materi ekosistem untuk melatih keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa sma negeri 7 malang / mawaddatul hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hasanah Mawaddatul. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning berbasis problem based learning pada Materi Ekosistem untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Amy Tenzer Dra. M.S. (2) Dr. Avia Riza Dwi Kurnia S.Pd. M.Pd Kata kunci multimedia interaktif mobile learning keterampilan berpikir kreatif ekosistem problem based learning. Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang sangat diperlukan oleh siswa dalam menghadapi permasalahan di zaman penuh tantangan. Namun hasil wawancara dengan guru biologi dan hasil tes materi plantae bermuatan indikator keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X IPA 2 di SMAN 7 Malang menunjukkan keterampilan berpikir kreatif siswa tergolong kurang. Oleh karena itu alternatif pemecahan masalah ini dapat dilakukan melalui pemanfaatan model yang inovatif dan media pembelajaran yang menarik yaitu pengembangan multimedia interaktif mobile learning berbasis problem based learning sehingga dapat melatih keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X IPA 2 SMAN 7 Malang. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif mobile learning materi Ekosistem yang teruji kevalidan dan kepraktisannya sebagai upaya melatih keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Branch 2009) dengan tahapan sebagai berikut analyze (menganalisis) design (merancang) develop (mengembangkan) implement (mengimplementasikan) dan evaluate (mengevaluasi). Pada penelitian ini tahap implement (mengimplementasikan) tidak dapat dilaksanakan karena adanya kebijakan kegiatan pembelajaran tatap muka tidak dapat dilaksanakan terkendala oleh pandemi corona. Subjek uji coba one to one trial meliputi siswa kelas XI IPA 2 sebanyak 3 orang dengan kriteria kognitif rendah sedang dan tinggi. Small group trial terdiri dari 10 orang siswa XI IPA 2 yang telah menempuh materi ekosistem. Field trial diberikan kepada siswa kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 35 siswa. Counduct pilot test diberikan keapada siswa kelas X IPA 2 yang terdiri dari 36 siswa dan guru biologi dari SMAN 7 Malang yang mengajar kelas X IPA 2. Hasil validasi materi media praktisi pendidikan oleh validator secara berurutan memperoleh nilai sebesar 100% 97% dan 90% dengan kriteria sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran melatih keterampilan berpikir kreatif siswa dan tetap direvisi berdasarkan saran dan masukan dari validator. Persentase tersebut menunjukkan bahwa materi yang digunakan telah sesuai dengan konsep dan kedalamannya media juga telah valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa dan mencipatkan suasana pembelajaran yang menarik kreatif dan inovatif. Hasil uji kepraktisan oleh guru sebesar 87 5% sedangkan hasil uji kepraktisan oleh siswa sebesar 88%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa media yang telah digunakan tergolong mudah digunakan menarik dan mudah dipahami untuk digunakan dalam proses pembelajaran guna melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan multimedia interaktif mobile learning berbasis problem based learning sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran materi ekosistem untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Saran pengembangan untuk produk lebih lanjut yaitu perlu adanya pengembangan lebih lanjut agar aplikasi agar dapat diinstal diseluruh tipe gawai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143485

Actions (login required)

View Item View Item