Minskonsepsi tentang covid-19 pada siswa sma di malang / Karin Anindita Widya Pitaloka - Repositori Universitas Negeri Malang

Minskonsepsi tentang covid-19 pada siswa sma di malang / Karin Anindita Widya Pitaloka

Pitaloka, Karin Anindita Widya Pitaloka (2021) Minskonsepsi tentang covid-19 pada siswa sma di malang / Karin Anindita Widya Pitaloka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Miskonsepsi terhadap COVID-19 dapat berdampak pada kekeliruan dalam merespons penyebaran dan pencegahannya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi minskonsepsi tentang Covid-19 pada siswa SMA di Malang menggunakan three tier diagnostic test. Three-tiers test merupakan soal pilihan ganda dengan 3 tingkatan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan secara kuantitatif. Uji validitas empiris menggunakan aplikasi anates 4.0 for windows dan uji reliabilitas mengunakan uji Alpha Chronbach dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil validitas empiris menunjukkan nilai koefisein validitas sebesar 0 46 dan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0.888. Kami meneliti 487 siswa SMA di Malang yang diambil secara stratified random sampling. Miskonsepsi paling tinggi terdapat disoal nomer 22 mengenai pengobatan yang tepat untuk pasien yang terinfeksi covid-19 dengan jumlah siswa sebanyak 211 orang dan persentase sebesar 43.33% soal nomer 25 mengenai cara yang efektif untuk menekan penyebaran covid-19 dengan persentase sebesar 39.43% dengan jumlah siswa sebanyak 192 orang dan soal nomer 21 mengenai cara pencegahan covid-19 yang tepat jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi pada soal nomer 21 sebanyak 183 orang dengan persentase sebesar 37.58%. Berdasarkan jumlah persentase miskonsepsi pada 3 soal tersebut miskonsepsi yang terjadi masuk kriteria sedang. Sedangkan tingkat kategori miskonsepsi terendah terdapat disoal nomer 5 mengenai proses penginfeksian virus yang tepat dengan jumlah sebanyak 75 siswa dengan persentase sebesar 15.40%. Salah satu penyebab miskonsepsi adalah metode mengajar yang digunakan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143484

Actions (login required)

View Item View Item