Perancangan desain kemasan "abon jamur Ailanifood" sebagai upaya re-branding produk / Dhimas Hutama Wangsa - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan desain kemasan "abon jamur Ailanifood" sebagai upaya re-branding produk / Dhimas Hutama Wangsa

Wangsa, Dhimas Hutama (2015) Perancangan desain kemasan "abon jamur Ailanifood" sebagai upaya re-branding produk / Dhimas Hutama Wangsa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wangsa Dhimas Hutama. 2015. Perancangan Desain Kemasan Abon Jamur AILANIFOOD Sebagai Upaya Re-branding.Skripsi Desain Komunikasi Visual Sastra Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Drs. Sumarwahyudi M.Sn. Pembimbing (2) Andreas Syah Pahlevi S.Sn M.Sn Kata kunci Perancangan Desain Kemasan Re-branding produk. Kegiatan membangun sebuah brand merupakan langkah awal guna menentukan kemajuan atau perkembangan suatu produk. Baik industri kecil menengah atau industri besar penting adanya memiliki sebuah brand. Branding dapat dibangun dengan berbagai cara salah satunya dengan kemasan produk yang ditawarkan. Desain kemasan kini tidak lagi hanya sekedar menjadi wadah / tempat produk namun sudah menjadi strategi penjualan produk. Karena dengan kemasan yang eye cacthingdapat menumbuhkan minat pembeli. AILANIFOOD adalah salah satu contoh industri rumahan berskala UKM dengan produk utamanya abon jamur yang kini telah mencoba mengembangkan produknya ke pasar yang lebih luas yakni kelas pasar premium supermarket. Dengan target audiennya adalah kelas menengah keatas untuk mampu bersaing di kelas pasar premium supermarket tersebut AILANIFOOD menyadari produk yang hendak ditawarkan dikelas pasar tersebut memerlukan adanya redesain ulang kemasan produk. Sehinggadisaat yang bersamaan penulis berkesempatan untuk meredesain kemasan abon jamur AILANIFOOD sebagai upaya re-branding produk tersebut. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural yang bersifat deskriptif sistematika perancangan menggunakan pola dasar perancangan Sadjiman Ebdi Sanyoto yang telah dimodifikasi penulis disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan identifikasi data perusahaan dan data produk.Media yang dihasilkan dalam perancangan ini antara lain redesain trademark kemasan primer perancangan kemasan sekunder dan beberapa media pendukung. Ide besar konsep perancangan ini adalah bentuk kepedulian dan jamur tiram yang kaya akan manfaat menyehatkan . Dengan Konsep tata desain simple teknik berbasis vektor. Adapun konsep ramah lingkungan (3R) terletak pada kemasan utama produk sedangkan untuk kemasan sekunder penulis mengutamakan nilai fungsional kemasan dimana kemasan sekunder tersebut dapat sebagai kemasan transport dan kemasan displayer produk. Hasil dari perancangan ini adalah terciptanya desain kemasan yang representatif yang diharapkan mampu menjadi sarana komunikasi visual untuk mendukung upaya AILANIFOOD dalam memasarkan produknya ke kelas yang lebih tinggi yakni premium supermarket dan memberi kesan pertama bahwa abon jamur AILANIFOOD adalah healty product / produk menyehatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14348

Actions (login required)

View Item View Item