Implementasi model pogil dipadu digital mind map berbasis online learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa di sman 2 malang / Syerly Afifatul Khorinah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pogil dipadu digital mind map berbasis online learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa di sman 2 malang / Syerly Afifatul Khorinah

Khorinah, Syerly Afifatul Khorinah (0000) Implementasi model pogil dipadu digital mind map berbasis online learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa di sman 2 malang / Syerly Afifatul Khorinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan pada Abad ke-21 didukung pengunaan Kurikulum 2013 yang menuntut keterampilan salah satunya keterampilan berpikir kreatif. Tuntutan keterampilan ini berbanding terbalik dengan kondisi nyata di kelas XI MIPA 3 SMAN 2 Malang. Keterampilan berpikir kreatif awal menunjukkan rerata 50 20% ditandai siswa masih kesulitan menulis banyak jawaban yang berbeda dan tidak dilengkapi detail menggunakan bahasa buku dan internet serta kurang melihat masalah dari berbagai arah. Hasil belajar kognitif rendah dibuktikan nilai ujian semester ganjil 2020/2021 sebesar 41 39% siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Guru kesulitan menerapkan model pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model POGIL dipadu digital mind map berbasis online learning. Metode menggunakan Penelitian Tindakan Kelas mengikuti desain Kemmis amp Mc Taggart. Pengumpulan data melalui soal berpikir kreatif di UKBM digital mind map observasi dan pretest-posttest. Hasil penelitian siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dari 78 37 menjadi 86 26 (UKBM) dan 83 74 menjadi 91 50 (digital mind map) sedangkan rerata hasil belajar kognitif dari 78 90 menjadi 80 29 serta ketuntasan klasikal kognitif sebesar 80 65% menjadi 87 10%. Peningkatan disebabkan pengintegrasian inkuiri terbimbing kooperatif dan digital mind map mampu menciptakan suasana aktif berpikir kreatif kerja tim dan pembentukan konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143479

Actions (login required)

View Item View Item