Pengembangan eco-friendly website pengelolaan sampah terintegrasi discovery learning untuk meningkatkan wawasan lingkungan dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan / NIRA YULIKA RAHMAULANA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan eco-friendly website pengelolaan sampah terintegrasi discovery learning untuk meningkatkan wawasan lingkungan dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan / NIRA YULIKA RAHMAULANA

Nira Yulika Rahmaulana (0000) Pengembangan eco-friendly website pengelolaan sampah terintegrasi discovery learning untuk meningkatkan wawasan lingkungan dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan / NIRA YULIKA RAHMAULANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan di SMAN 7 Malang pada tanggal 04 Desember 2020 juga ditemukan kesulitan belajar siswa saat mengikuti pembelajaran daring akibat kurangnya referensi yang akurat pada materi perubahan lingkungan kemudian dari guru juga kesulitan meningkatkan partisipatif siswa saat mengikuti pembelajaran karena siswa kurang pengetahuan awal. Dari angket kemampuan wawasan lingkungan siswa SMAN 7 Malang dapat diketahui bahwa dalam proses pembelajaran belum dilakukan penilaian yang berkaitan dengan keterampilan wawasan lingkungan. Akan tetapi sekolah menyelenggarakan program adiwiyata untuk menambah wawasan peserta didik berkaitan dengan wawasan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta kemenarikan dari media pembelajaran Eco-Friendly Website. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (R amp D) dengan mengacu model pengembangan LEE n OWEN. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara angket. Instrumen yang digunakan yakni lembar validasi ahli materi ahli media praktisi lapangan dan angket respon siswa. Berdasarkan instrument angket wawasan lingkungan yang diberikan pada akhir pembelajaran dapat diketahui bahwa Berdasarkan instrument angket wawasan lingkungan yang diberikan pada akhir pembelajaran dapat diketahui bahwa diketahui bahwa F hitung menunjukkan nilai 6.074 dengan signifikansi 0 018 lt 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu ada perbedaan wawasan lingkungan (pretest -postest) antara siswa yang dibelajarkan dengan website materi perubahan lingkungan pada siswa kelas eksperimen dan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan website materi perubahan lingkungan pada siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji analisis diperoleh nilai F hitung menunjukkan nilai 0 007 dengan signifikansi 0 05 lt 0 605. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima. Oleh karena itu tidak ada perbedaan hasil belajar (pretest -postest) antara siswa yang dibelajarkan dengan website materi perubahan lingkungan pada siswa kelas eksperimen dan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan website materi perubahan lingkungan pada siswa kelas kontrol.. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh rerata skor 86 termasuk kriteria sangat valid validasi ahli media memperoleh rerata skor 89 termasuk kriteria sangat valid validasi praktisi lapangan memperoleh rerata skor 90 termasuk kriteria sangat valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143477

Actions (login required)

View Item View Item