Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis problem based learning (pbl) berbantuan podcast dan google classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas xi di sman 1 turen / Ratna Putri Kusuma Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis problem based learning (pbl) berbantuan podcast dan google classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas xi di sman 1 turen / Ratna Putri Kusuma Wardhani

Wardhani, Ratna Putri Kusuma Wardhani (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis problem based learning (pbl) berbantuan podcast dan google classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas xi di sman 1 turen / Ratna Putri Kusuma Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring perkembangan teknologi saat ini setiap individu dapat belajar dari berbagai sumber dan media pembelajaran yang tersedia terlebih saat kondisi pandemi COVID-19 yang membuat siswa harus belajar secara daring dari rumah. Namun pelaksanaan pembelajaran daring dinilai monoton dan kurang dapat meningkatkan keterampilan abad 21 siswa. US-Based Partnership for 21st Century Skill menjelaskan 4 keterampilan yang penting untuk dikuasai dalam abad 21 yakni komunikasi kolaborasi kreativitas serta berpikir kritis dan pemecahan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan abad 21 khususnya keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah adalah model Problem Based Learning (PBL). Untuk itu tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) podcast dan lembar penilaian dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan (2) mengukur tingkat keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas XI di SMAN 1 Turen melalui implementasi perangkat pembelajaran yang telah disusun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE untuk menghasilkan produk yang valid praktis dan efektif. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yakni Analyze Design Develop Implement dan Evaluation. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Turen. Data yang didapatkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari hasil validasi oleh validator angket respons siswa angket keterbacaan angket keterlaksanaan sintaks serta nilai N-gain. Data kualitatif didapatkan dari saran dan komentar para validator. Hasil dari uji validitas produk yang dikembangkan yakni silabus memiliki rerata skor 94% dengan kategori sangat valid RPP memiliki rerata skor 95 8% dengan kategori sangat valid lembar penilaian memiliki rerata skor 96% dengan kategori sangat valid LKS memiliki rerata skor 95 9% dengan kategori sangat valid serta podcast memiliki rerata skor 96 2% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan berdasarkan angket keterlaksanaan sintaks memiliki skor 93% dengan kategori sangat praktis hasil uji kepraktisan berdasarkan angket respons siswa memiliki skor 82% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan berupa nilai N-gain yang didapatkan dari nilai siswa saat mengikuti pretest dan posttest sebesar 0 3 dengan kategori sedang untuk keterampilan pemecahan masalah dan sebesar 0 4 dengan kategori sedang untuk keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143476

Actions (login required)

View Item View Item