Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang / Elsa Novia Fitri Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang / Elsa Novia Fitri Dewi

Dewi, Elsa Novia Fitri (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang / Elsa Novia Fitri Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk menguasai berbagai macam kompetensi dan keterampilan diantaranya keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Kegiatan pembelajaran Biologi kelas XI IPA 3 SMAN 7 Malang selama ini belum mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Pembelajaran materi Psikotropika dan Sistem Reproduksi hanya menggunakan metode diskusi presentasi berbantuan Ppt. Bahan ajar yang digunakan berupa LKS Biologi hasil pengembangan tim penyusun Kurikulum 2013. Rerata keterampilan berpikir kritis masih tergolong rendah. Guru belum pernah mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan Instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif. Oleh karena itu dibutuhkan perangkat pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan Research amp Development. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model ADDIE yang hanya dilakukan sampai tahap ke-3 yaitu Develop. Rerata hasil uji validasi produk perangkat pembelajaran berbasis PBL materi psikotropika 96 4 % dengan kriteria sangat valid materi Sistem Reproduksi manusia 98 14 % dengan kriteria sangat valid. Artinya perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan revisi berdasarkan masukan validator. Rerata hasil uji kepraktisan oleh guru calon pengguna produk materi Psikotropika 97 05% dengan kriteria sangat praktis materi Sistem Reproduksi manusia 97 36% dengan kriteria sangat praktis. Artinya produk yang dikembangkan sangat mudah digunakan sangat mudah dipahami dan sangat menarik. Rerata hasil uji kepraktisan dengan menggunakan angket respon siswa terhadap UKBM dan Handout pada materi Psikotropika 82 14% dengan kriteria praktis materi Sistem Reproduksi manusia 83 48% dengan kriteria praktis. Artinya siswa mengganggap UKBM dan Handout yang dikembangkan mudah untuk digunakan mudah untuk dipahami dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143473

Actions (login required)

View Item View Item