Apriliani, Livia (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Bululawang / Livia Apriliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abad 21 dikenal sebagai abad pengetahuan dan menuntut siswa tidak hanya memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi tetapi juga menguasai beberapa kecakapan seperti keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif kolaborasi serta komunikasi. Salah satu kecakapan abad 21 yang penting untuk dikuasai adalah keterampilan berpikir kreatif. Fakta yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X masih tergolong rendah dan dapat mempengaruhi hasil belajar kognitifnya. Guru mengalami kesulitan dalam menyusun instrument berpikir kreatif dan hanya menilai kreativitas siswa berdasarkan hasil pengerjaan tugas tanpa melihat prosesnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa adalah Project based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus RPP LKS handout serta instrument penilaian berbasis Project Based Learning (PjBL) 2) menguji kelayakan produk perangkat pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran 3) menguji kepraktisan produk perangkat pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Produk dikembangkan sesuai dengan tahapan ADDIE namun pada penelitian ini tidak dilakukan kegiatan Implementasi (Implementation) karena keterbatasan waktu dan pandemic virus Covid-19. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif.data kuantitatif diperoleh melalui analisis hasil uji kevalidan oleh ahli pembelajaran ahli materi praktisi lapangan serta angket respon siswa. Data kualitatif diperoleh melalui komentar masing-masing ahli dan komentar siswa terhadap perangkat yang sudah dikembangkan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMA Negeri 1 Bululawang yang sudah menempuh materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli pembelajaran perangkat yang dikembangkan oleh peneliti tergolong dalam kriteria sangat tinggi dengan perolehan skor di atas 90% untuk masing-masing perangkat pada KD Ekosistem dan Perubahan Lingkungan. Hasil serupa juga diperoleh dari hasil anlisi uji kevalidan oleh ahli materi. Dengan demikian maka perangkat yang dikembangkan sudah sangat valid baik dari segi konstruk maupun materi. Hasil uji kepraktisan oleh praktisi lapangan juga memperoleh skor yang cukup tinggi dengan perolehan skor di atas 90%. Uji kepraktisan oleh siswa dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap one to one formative evaluation small evaluation group serta formative evaluation on trial in field. Hasil analisis uji kepraktisan angket respon siswa pada masing-masing tahapan perangkat yang dikembangkan memiliki rerata skor di atas 86%. Berdasarkan hasil tersebut maka perangkat yang dikembangkan berada dalam kategori sangat praktis untuk dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru atau peneliti selanjutnya agar melakukan evaluasi sumatif setelah melakukan kegiatan implementasi (implementation) untuk mengetahui keefektifan produk yang sudah dikembangkan. Penggunaan produk ini juga perlu memperhatikan kriteria siswa sekolah dan kecakapan yang akan dikembangkan agar kegiatan implementasi relevan dengan kebutuhan sekolah maupun kebutuhan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143472 |
Actions (login required)
View Item |