pengembangan soal literasi sains berbasis problem based learning (pbl) pada materi perubahan lingkungan kelas x sman 5 malang / atika eka rachmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan soal literasi sains berbasis problem based learning (pbl) pada materi perubahan lingkungan kelas x sman 5 malang / atika eka rachmasari

Rachmasari, Atika Eka Rachmasari (2021) pengembangan soal literasi sains berbasis problem based learning (pbl) pada materi perubahan lingkungan kelas x sman 5 malang / atika eka rachmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rachmasari Atika E. 2021. Pengembangan Soal Literasi Sains Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Perubahan Lingkungan.Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd (II) Dr. Vivi Novianti M.Si Kata Kunci soal literasi sains PBL perubahan lingkungan Abad 21 merupakan perkembangan jaman yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada tahun 2010 Badan Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa dalam menghadapi Abad-21 ini pendidikan harus berorientasi pada matematika dan sains dengan seimbang karena kehidupan masyarakat global saat ini tidak terlepas dari teknologi dan sains. Pendidikan saat ini harus menekankan proses pembelajaran yang membentuk peserta didik menghadapi era globalisasi masalah lingkungan hidup kemajuan IPTEK ekonomi berbasis pengetahuan peningkatan industri kreatif dan budaya pergeseran kekuatan ekonomi dunia serta pengaruh dan dampak teknologi berbasis sains. Berdasarkan pendapat tersebut kemampuan literasi sains pun harus ditingkatkan. Hasil observasi peneliti di SMA Negeri 5 Malang menunjukkan motivasi membaca masih kurang adanya kesulitan dalam memahami bacaan serta rendahnya kemampuan menjelaskan fenomena secara ilmiah. Peserta didik kesulitan menerapkan aspek literasi sains selama proses pembelajaran. Selain itu Model pembelajaran yang diterapkan adalah kooperatif Think Pair Share (TPS) yang berdasarkan hasil pengamatan terdapat kecenderungan peserta didik yang mendominasi pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan soal literasi sains berbasis PBL pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X RPP dan UKBM yang teruji kevalidan dan keterbacaannya. Model pengembangan produk yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu Analyze Design Develop Implement Evaluate. Produk berupa instrumen soal literasi sains RPP dan UKBM. Sebelum produk diuji cobakan produk terlebih dahulu divalidasi oleh ahli asesmen ahli materi ahli perangkat pembelajaran dan praktisi lapangan. Setelah dilakukan analisis instrumen soal dan UKBM di uji coba kepada 31 peserta didik menggunakan lembar keterbacaan secara daring menggunakan google form. Jenis data yang diperoleh pada penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil validasi dan skor hasil uji keterbacaan. Data kualitatif berupa komentar dari validator dan pengguna/subjek.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan berupa persentase hasil validasi oleh ahli asesmen untuk soal literasi sains memiliki validitas konstruk validitas materi kualitas instrumen validitas RPP dan UKBM masing-masing sebesar 98 100 100 dan 98 3. Hasil validasi oleh ahli materi untuk soal instrumen literasi sains validitas RPP dan UKBM masing-masing sebesar 96 100 dan 98 3. Hasil validasi oleh ahli perangkat pembelajaran pada instrumen soal validitas RPP dan UKBM masing- masing sebesar 94 2 98 3 dan 98 3. Hasil validasi oleh praktisi lapangan untuk instrumen soal validitas RPP dan UKBM masing-masing sebesar 83 6 98 3 dan 98 3. Hasil uji coba keterbacaan instrumen soal literasi sains dan UKBM dari peserta didik termasuk dalam kategori sangat tinggi masing-masing bernilai 82 9% dan 87% yang berarti keterbacaan soal sudah sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah soal literasi sains berbasis PBL pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X RPP dan UKBM yang yang dikembangkan telah teruji kevalidan dan keterbacaannya. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu tipe soal sebaiknya ditambah pemilihan gambar beresolusi tinggi serta pemilihan kata dengan baik sehingga soal dapat dengan mudah dipahami. Sedangkan saran bagi guru yaitu produk ini dapat digunakan namun dengan revisi menyesuaikan keadaan suasana dan kemampuan peserta didik dan diharapkan guru dapat mengembangkan produk serupa pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143471

Actions (login required)

View Item View Item