pengembangan e-module berbasis problem based learning pada materi ekosistem untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas x sma negeri 5 malang / putri wahyuni arofatun nisak - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan e-module berbasis problem based learning pada materi ekosistem untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas x sma negeri 5 malang / putri wahyuni arofatun nisak

Nisak, Putri Wahyuni Arofatun Nisak (2021) pengembangan e-module berbasis problem based learning pada materi ekosistem untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas x sma negeri 5 malang / putri wahyuni arofatun nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga pendidikan sebagai pencetak sumber daya manusia untuk menghadapi era society 5.0 perlu membekali siswa dengan kompetensi masyarakat global salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan e-module berbasis PBL pada materi ekosistem untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang yang valid praktis dan efektif. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan subjek yang digunakan adalah siswa kelas X F2 SMA Negeri 5 Malang yang menempuh mata pelajaran Biologi materi ekosistem dan dipilih secara purposive sampling dengan jumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis data kualitatif yang diperoleh dari komentar maupun saran dan teknik analisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil nilai rata-rata skor angket menggunakan penilaian rating scale dengan skala 1-4. Hasil uji validitas oleh ahli bahan ajar sebesar 100% dan ahli materi sebesar 99 8%. Hasil uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan sebesar 100% sedangkan hasil uji coba perorangan sebesar 84 6% uji coba kelompok kecil sebesar 85 8% uji coba lapangan sebesar 87 9% dan uji coba pendahuluan sebesar 91 09%. Hasil uji keefektifan e-module menggunakan perhitungan n-gain score diperoleh rerata skor sebesar 0 8 dengan kriteria keefektifan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-module berbasis PBL pada materi ekosistem yang dikembangkan valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143467

Actions (login required)

View Item View Item