Afiyanti, Syamyafiya Afiyanti (2021) efektivitas bahan ajar kesetimbangan kimia dengan mengeksplisitkan kerja ilmiah berbasis pendekatan scientific terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas xi sman 1 sampang / syamyafiya afiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak. Bahan ajar berperan penting dalam mendukung pembelajaran kimia. Maka dilakukan penelitian untuk menguji keefektivitasan penggunaan bahan ajar kesetimbangan kimia dengan mengeksplisitkan kerja ilmiah berbasis pendekatan scientific terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan secara daring (online) yang melibatkan 70 peserta didik kelas XI SMAN 1 Sampang. Dengan menggunakan google form instrument tes pilihan ganda terdapat 15 item soal dengan 10 item valid dan realiabel (0 635). Analisis data menggunakan uji Anacova berbantuan IBMSPSS 24 for Windows ditaraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 81 40 dan kelas kontrol sebesar 67 48 yang menunjukkan bahwa capaian hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143457 |
Actions (login required)
View Item |