pengembangan unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) berbasis learning cycle 5e pada materi laju reaksi / lely destia fitrotus siam - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) berbasis learning cycle 5e pada materi laju reaksi / lely destia fitrotus siam

Siam, Lely Destia Fitrotus Siam (2021) pengembangan unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) berbasis learning cycle 5e pada materi laju reaksi / lely destia fitrotus siam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) merupakan perangkat belajar yang dikembangkan sebagai strategi pembelajaran mandiri pada kurikulum 2013. Kurangnya pemenuhan perangkat belajar yang baik akan mempengaruhi pada pencapaian tujuan pembelajaran. Maka tujuan dari penelitian adalah (1) mengembangkan perangkat belajar berupa Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis Learning Cycle 5E pada materi laju reaksi (2) menguji kelayakan UKBM yang dikembangkan menurut penilaian validator dan peserta didik kelas XI. Pengembangan UKBM menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap yakni define design develop dan disseminate (Thiagarajan dkk. 1974). Tahapan penelitian yang dilakukan sebagai berikut (1) define melakukan observasi wawancara menetapkan model pembelajaran dan mengkaji materi terkait kebutuhan pengembangan UKBM (2) design menyusun UKBM berbasis Learning Cycle 5E untuk materi laju reaksi (3) develop melakukan uji validasi revisi UKBM tahap pertama uji keterbacaan dan revisi UKBM tahap kedua. Penelitian yang dilakukan hanya terbatas pada tahap menguji kelayakan UKBM. Penelitian masih perlu dilanjutkan dengan tahap uji efektifitas agar UKBM dapat memenuhi standar sebagai perangkat pembelajaran yang dapat digunakan serta dapat dilakukan tahap disseminate. Hasil penelitian untuk menguji kelayakan UKBM melalui uji validasi yang dilakukan oleh empat validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 92%. Hasil persentase menunjukkan bahwa UKBM dikategorikan sangat layak sebagai perangkat pembelajaran. Namun UKBM yang dikembangkan memerlukan beberapa perbaikan dalam aspek konten tampilan bahasa dan aplikasi sintaks Learning Cycle 5E. Setelah revisi dilakukan maka dilanjutkan dengan uji keterbacaan oleh tiga puluh peserta didik kelas XI SMAN 1 Batu dan diperoleh persentase rata-rata hasil keterbacaan sebesar 91%. Hasil persentase menunjukkan bahwa UKBM dikategorikan sangat layak sebagai perangkat pembelajaran namun masih perlu dilakukan perbaikan terkait aspek tampilannya. Dapat disimpulkan bahwa UKBM berbasis Learning Cycle 5E pada materi laju reaksi yang telah dikembangkan sangat layak sebagai perangkat pembelajaran kimia. Diharapkan pada penelitian selanjutnya UKBM dapat dilakukan uji efektifitas untuk mengetahui keberhasilan UKBM dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dan dapat dilakukan tahap disseminate.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143455

Actions (login required)

View Item View Item