identifikasi miskonsepsi siswa kelas x sma di kota malang pada materi sifat keperiodikan unsur / harlindomas nurjannah - Repositori Universitas Negeri Malang

identifikasi miskonsepsi siswa kelas x sma di kota malang pada materi sifat keperiodikan unsur / harlindomas nurjannah

Nurjannah, Harlindomas Nurjannah (2021) identifikasi miskonsepsi siswa kelas x sma di kota malang pada materi sifat keperiodikan unsur / harlindomas nurjannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi sifat keperiodikan unsur di SMA di Kota Malang menggunakan tes diagnostik four-tier. Materi sifat keperiodikan unsur suatu kajian yang abstrak sehingga siswa rentan mengalami miskonsepsi. Jika dibiarkan miskonsepsi ini akan berdampak pada proses pembelajaran selanjutnya karena materi dalam kimia saling berhubungan. Hal ini juga berdampak pada hasil belajar siswa karena jika pada materi dasar siswa mengalami miskonsepsi siswa akan kesulitan mempelajari materi selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif untuk melihat gambaran secara umum miskonsepsi yang ada pada siswa kelas X SMA di kota Malang pada materi sifat keperiodikan unsur. Random sampling adalah teknik yang digunkan untuk pengambilan sampel. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X MIPA berjumlah 400 responden dari tiga SMA di kota Malang. Tes diagnostik four-tier yang dikembangkan oleh Indah Rahmawati digunakan dalam penelitian. Uji validitas 20 butir soal menyatakan setiap butir soal valid dan uji reliabilitas mengasilkan nilai yang reliabel dengan kreteria yang tinggi. Analisis data dilakukan untuk memberikan makna pada respon siswa yang dilakukan secara individu dengan mengklasifikasikan respon siswa menjadi empat kategori yaitu miskonsepsi kurang paham konsep kesalahan dan paham konsep. Hasil persen miskonspsi pada materi jari-jari atom sebsesar 23.92% jari-jari ion sebesar 19.13% energi ionisasi sebesar 24.13% afinitas elektron sebesar 20.63% kelektronegatifan sebesar 19.25%. Miskonsepsi yang diperoleh tergolong rendah karena di bawah 30%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143452

Actions (login required)

View Item View Item