Pengembangan bahan ajar sistem koloid berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) yang berorientasi scientific literacy / Airin Eka Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar sistem koloid berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) yang berorientasi scientific literacy / Airin Eka Damayanti

Damayanti, Airin Eka Damayanti (2021) Pengembangan bahan ajar sistem koloid berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) yang berorientasi scientific literacy / Airin Eka Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad ke 21 ditandai dengan berkembangnya sains dan teknologi yang sangat pesat. Hal tersebut menjadi tantangan bagi dunia pendidikan dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menjadikan individu yang berliterasi sains. Literasi sains merupakan suatu kemampuan untuk menjelaskan fenomena ilmiah mengambil simpulan berdasar fakta dan mengaplikasikan pengetahuan dalam memahami alam. Literasi sains terdiri atas tiga aspek yaitu konteks pengetahuan ilmiah dan kompetensi ilmiah. Sejalan dengan itu materi sistem koloid mengandung pengetahuan ilmiah dan kompetensi ilmiah yang konteksnya mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum 2013 dapat diterapkan pada pembelajaran sistem koloid karena mengutamakan kegiatan berorientasi pendekatan ilmiah. Salah satu model pembelajaran yang mengimplementasikan kurikulum 2013 adalah POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar sistem koloid berbasis POGIL yang berorientasi scientific literacy dan mengetahui kelayakannya. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define) perencanaan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tiga validator ahli dari aspek kelayakan dan sepuluh orang siswa dari aspek keterbacaannya. Uji keterbacaan dilakukan terhadap sepuluh siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Glagah. Hasil validasi oleh validator terhadap bahan ajar memperoleh rata-rata kelayakan sebesar 92 56% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan bahan ajar pada siswa memperoleh rata-rata kelayakan sebesar 94 19% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan paparan data tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat layak digunakan sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143445

Actions (login required)

View Item View Item