Perancangan art book desain karakter 2 dimensi tokoh-tokoh wayang dalam kisah Anoman Obong / Miftach Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan art book desain karakter 2 dimensi tokoh-tokoh wayang dalam kisah Anoman Obong / Miftach Arifin

Arifin, Miftach (2015) Perancangan art book desain karakter 2 dimensi tokoh-tokoh wayang dalam kisah Anoman Obong / Miftach Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Miftach. 2015. Perancangan Art Book Desain Karakter 2 Dimensi Tokoh- tokoh Wayang Dalam Kisah Anoman Obong. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Moch. Abdul Rahman S.Sn M.Sn. (II) Mitra Istiar Wardhana S.Kom M.T. Kata Kunci Perancangan Art Book Desain Karakter Tokoh Wayang Kisah Anoman Obong. Desain karakter merupakan salah satu hal terpenting dalam pembuatan produksi animasi game dan komik. Indonesia merupakan negara yang mulai merintis dan mengembangkan industri kreatif khususnya di bidang produksi animasi game dan komik. Sebagai upaya untuk memberikan kontribusi bagi lahirnya desain-desain karakter lokal maka dibuatlah perancangan art book yang berisi konsep desain karakter. Tema yang diangkat dalam art book ini adalah kisah Anoman Obong sebagai salah satu contoh cerita pewayangan. Art book ini dirancang dengan harapan untuk dapat dijadikan sebagai media yang mampu memberikan inspirasi dan wawasan visual bagi para ilustrator Indonesia baik yang professional maupun pemula. Selain itu pula art book ini bisa dijadikan pula sebgai media edukasi untuk menambah wawasan pengetahuan tentang tokoh dan cerita pewayangan. Inspirasi utama dalam pembuatan desain karakter pada art book ini berasal dari bentuk asli wayang kulit dan juga penari wayang wong. Perancangan art book yang berjudul Anoman Duta ini menggunakan model perancangan prosedural. Model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Ada dua macam prosedur perancangan yang digunakan dalam perancangan ini yaitu prosedur perancangan desain karakter Hodges dan juga prosedur perancanagan tata letak atau layout Surianto Rustan. Dari kedua model prosedur tersebut maka dihasilkan sebuah sistematika perancangan yang dapat dijadikan sebuah pedoman maupun prosedur perancangan. Hasil dari perancangan ini adalah berupa art book yang berjudul Art Book Desain Karakter Anoman Duta yaitu terdiri dari 66 halaman full color format ukuran A4 potrait dicetak pada art papper 150g dan dijilid full soft cover. Adapun konten utama yang terdapat pada art book ini meliputi konsep desain karakter ekspresi karakter action karakter desain properti dan synopsis cerita. ABSTRACT Arifin Miftach. 2015. Designing a Two-Dimensional Art Book Character Design from the Characters in Anoman Obong Story. Thesis Visual Communication Design Study Program Department of Arts and Design Faculty of Letters. State University of Malang. Advisors (I) Moch. Abdul Rahman S. Sn M. Sn. (II) Mitra Istiar Wardhana S. Kom M.T. Keywords Design Art Book Character Design Puppet Characters Anoman Obong Story. Character design is one of the most important matters in the production of animation games and comics. Indonesia is a country that is starting and developing creative industries especially in the field of animation games and comics production. To contribute the commencement of local character designs it is designed a concept art book containing the character design. The theme of this book is the story of Anoman Obong as one example of puppet stories. The art book was designed in order to be able to be used as a means of learning that can bring inspiration and visual insight for Indonesian illustrators both professionals and beginners. Besides the art book can be used for educating as a media to broaden knowledge related to the characters and puppet stories. The main inspiration in making up the character design in the art book is derived from the original form of wayang kulit and wayang wong dancers. Designing the art book entitled Anoman Duta uses a procedural design model. The procedural model is a descriptive model outlining the steps to follow in order to be able to produce a product. There are two kinds of design procedures used in this design which is design procedures for Hodges character and also design procedures for layout of Surianto Rustan. Both models are then generated as a systematic design procedure that can be applicable as a guideline and design procedure. The results of this design is in form of an art book entitled Art Book Desain Karakter Anoman Duta which consists of 66 full-colored pages printed in A4 portrait format on 150 gsm art paper and bounded in a full soft cover. The main content of this art book include the concept of character design character expression action characters design of property and synopsis of the story.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14344

Actions (login required)

View Item View Item