Penerapan learning cycle 5e dengan strategi cognitive dissonance berbasis multipel representasi untuk mereduksi miskonsepsi hidrolisis garam / Putri Octaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan learning cycle 5e dengan strategi cognitive dissonance berbasis multipel representasi untuk mereduksi miskonsepsi hidrolisis garam / Putri Octaviani

Octaviani, Putri Octaviani (0000) Penerapan learning cycle 5e dengan strategi cognitive dissonance berbasis multipel representasi untuk mereduksi miskonsepsi hidrolisis garam / Putri Octaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu kimia bersifat konseptual dan abstrak sehingga banyak menimbulkan miskonsepsi yang bersifat resisten dan sulit untuk diubah akan tetapi dapat diminimalisir. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan strategi Cognitive Dissonance berbasis multipel representasi dalam mereduksi miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan eksperimen semu (Quasi Experiment) dan desain pre test-post test control group design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 di SMAN 2 Malang masing-masing kelas sebanyak 25 siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase miskonsepsi hidrolisis garam pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut sebesar 25% dan 40%. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan adanya pengaruh penerapan LC 5E dengan strategi CDMR terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji N-gain kelas eksperimen sebesar 0.61 sedangkan kelas kontrol sebesar 0.47 Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Oleh sebab itu model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan strategi Cognitive Dissonance berbasis multipel representasi mampu meminimalkan persen miskonsepsi serta meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143394

Actions (login required)

View Item View Item