pengembangan media pembelajaran berbasis vitual reality pada materi bentuk molekul untuk peserta didik kelas x sma / asia febriana - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran berbasis vitual reality pada materi bentuk molekul untuk peserta didik kelas x sma / asia febriana

Febriana, Asia Febriana (2021) pengembangan media pembelajaran berbasis vitual reality pada materi bentuk molekul untuk peserta didik kelas x sma / asia febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi bentuk molekul dirasa cukup sulit oleh peserta didik. Selain itu media pembelajaran yang membosankan dan tidak interaktif membuat kurang menarik minat belajar peserta didik. Mengatasi hal tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran VARITY (Virtual Reality Chemistry) yakni sebuah aplikasi pembelajaran interaktif berbasis teknologi virtual reality dengan topik materi ikatan kimia dan bentuk molekul. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji kelayakan media serta meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam belajar. Model perancangan media pembelajaran yang digunakan adalah Lee Owens (2004) yang memiliki lima tahap yaitu (1) assessment/analysis (penilaian/analisis) melakukan wawancara dengan guru terkait permasalahan dalam pembelajaran bentuk molekul dan ikatan kimia di kelas (2) design (perancangan) menyusun storyboard dan angket validasi (3) development (pengembangan) membuat aplikasi sesuai dengan storyboard (4) implementation (implementasi) melakukan uji kelayakan dan uji coba media yang telah dikembangkan dan (5) evaluation (evaluasi) melakukan analisis data berdasarkan hasil validasi dan uji coba media. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media pembelajaran VARITY termasuk dalam kriteria sangat layak dari segi materi dan media. Hasil akhir rata-rata persentase validitas produk dari segi materi sebesar 87 32% (sangat layak) kurangnya persentase dikarenakan variasi soal dalam media terlalu sedikit. Sedangkan dari segi media diperoleh hasil 89 30% (sangat layak) karena kurangnya informasi penjelasan terkait cara menggunakan membuat persentase validitas tidak sempurna. Media yang telah direvisi sesuai dengan saran dan komentar validator di uji pada kelompok kecil yang dilakukan oleh 31 peserta didik SMAN 1 Srengat diperoleh hasil sebesar 86 14% (sangat layak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran VARITY dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143393

Actions (login required)

View Item View Item