Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan lectora inspire untuk membantu siswa menerapkan hukum-hukum fluida statis / Intan Lovina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan lectora inspire untuk membantu siswa menerapkan hukum-hukum fluida statis / Intan Lovina

Lovina, Intan (2020) Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan lectora inspire untuk membantu siswa menerapkan hukum-hukum fluida statis / Intan Lovina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil ujian nasional pada materi fluida statis masih sangat rendah. Hal ini disebabkan guru jarang menggunakan media pembelajaran pada saat pembelajaran di kelas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan inovasi pengembangan media pembelajaran berbantuan Lectora Inspire pada materi fluida statis yang diharapkan mampu (1) Menghasilkan media pembelajaran berbantuan Lectora Inspire pada materi fluida statis. (2) Mengetahui kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran. Spesifikasi produk yang diharapkan berupa media pembelajaran yang mencakup materi dengan gambar video animasi dan teks serta dilengkapi soal latihan dan feed back. Model penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Adapun tahapan dari penelitian dan pengembangan ini meliputi (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli dan angket siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian dan pengembangan berupa media pembelajaran fisika berbantuan Lectora Inspire pada materi fluida statis yang diberi slogan ldquo Fisika itu Mudah rdquo . Media tersebut telah divalidasi oleh ahli media dan mendapatkan persentase penilaian sebesar 94% ahli materi dan memperoleh persentase penilaian sebesar 97% berdasarkan hasil uji coba diperoleh persentase penilaian sebesar 87% sehingga media pembelajaran berbantuan Lectora Inspire dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143390

Actions (login required)

View Item View Item