Pengembangan bahan ajar berbasis literasi sains pada materi gelombang bunyi sebagai peluang untuk meningkatkan literasi sains siswa / Yudha Adi Mas Ardhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis literasi sains pada materi gelombang bunyi sebagai peluang untuk meningkatkan literasi sains siswa / Yudha Adi Mas Ardhi

Ardhi, Yudha Adi Mas Ardhi (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis literasi sains pada materi gelombang bunyi sebagai peluang untuk meningkatkan literasi sains siswa / Yudha Adi Mas Ardhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ardhi Yudha Adi Mas. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Pada Materi Gelombang Bunyi Sebagai Peluang Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Purwaningsih M.Si. Kata Kunci bahan ajar gelombang bunyi literasi sains Abad ke-21 merupakan abad dimana literasi sains menjadi fokus dalam pendidikan sains. Pendidikan sains memiliki peran yang penting dalam menyiapkan anak memasuki dunia kehidupannya sebab salah satu tujuan pendidikan sains adalah untuk meningkatkan belajar siswa tentang dunia mereka. Kemampuan literasi sains mencakup bidang ilmu Fisika. Fisika dipandang sebagai ilmu untuk mempelajari fenomema alam sehari-hari. Pada observasi awal ditemukan berbagai permasalahan di lapangan terkait kesulitan pemahaman guru terhadap materi dan kurang memadainya penyusunan bahan ajar yang berbasis literasi sains. Gelombang bunyi menjadi layak mendapat perhatian sebab gelombang bunyi adalah materi yang sulit dimengerti karena banyak kesalahan konsep misalnya dalam memahami persamaan dan konsep perambatan bunyi melalui medium hingga sampai ke telinga pendengar. Ditambah lagi materi gelombang bunyi yang dianggap terlalu banyak persamaan sehingga memperbesar peluang terjadinya miskonsepsi. Berdasarkan permasalahan yang ada dilakukanlah pengembangan bahan ajar berbasis literasi sains pada materi gelombang bunyi sebagai peluang untuk meningkatkan literasi sains siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan dan memvalidasi bahan ajar berbasis literasi sains pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian mengacu pada model Borg and Gall dengan langkah 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk dan 7) revisi produk. Validasi dilakukan oleh ahli terhadap bahan ajar RPP aspek literasi sains dan soal penalaran. Uji coba dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan siswa terhadap bahan ajar. Hasil dari validasi dan uji coba terbatas digunakan sebagai dasar revisi produk. Revisi dilakukan dua tahap yaitu 1) revisi setelah validasi dan 2) revisi setelah uji coba. Berdasarkan analisis skala likert maka seluruh validasi modul dan perangkatnya dinyatakan sangat valid dan siap untuk diimplementasikan. Produk penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 2 macam yaitu bahan ajar untuk siswa dan panduan penggunaan bahan ajar untuk guru. Produk yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini memiliki beberapa kelebihan yaitu (1) bahan ajar disusun runtut sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 yang berbasis pendekatan ilmiah (saintifik) (2) bahan ajar disusun dengan memuat unsur-unsur literasi sains (konten proses dan konteks). Produk yang dikembangkan juga memiliki kekurangan yaitu (1) materi hanya terbatas pada materi gelombang bunyi (2) produk masih harus dikembangkan lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan bahan ajar dalam meningkatkan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143384

Actions (login required)

View Item View Item