Analisis konsistensi representasi dan pemahaman konsep dalam memaknai posisi sebagai fungsi waktu untuk menentukan besaran kinematika 1 dimensi pada siswa sman 1 pare / Rohmad SayfulHaziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis konsistensi representasi dan pemahaman konsep dalam memaknai posisi sebagai fungsi waktu untuk menentukan besaran kinematika 1 dimensi pada siswa sman 1 pare / Rohmad SayfulHaziz

Sayfulhaziz, Rohmad Sayfulhaziz (0000) Analisis konsistensi representasi dan pemahaman konsep dalam memaknai posisi sebagai fungsi waktu untuk menentukan besaran kinematika 1 dimensi pada siswa sman 1 pare / Rohmad SayfulHaziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang melibatkan 251 siwa SMAN 1 Pare tahun ajaran 2020/2021 dan terdiri dari 110 siswa kelas X dan 121 siswa kelas XI. Pengumpulan data dengan tes memaknai posisi setiap saat dalam menentukan besaran besaran kinematika 1 dimensi yang terdiri dari 24 soal pilihan ganda yang terbagi menjadi enam tema yaitu tema yang menanyakan tentang jarak perpindahan kecepatan rata ndash rata kecepatan sesaat kelajuan rata ndash rata dan keadaan gerak benda yang terdiri dari representasi matematis tabel grafik dan diagram. Kemudian data dianalisis dengan manenetukan statistik deskriptif dari perolehan skor pemahaman konsep dan konsistensi representasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pemahaman konsep siswa kelas X dan kelas XI dalam memaknai posisi setiap saat dalam menentukan besaran besaran kinematika 1 dimensi masih sangat rendah yang ditunjukkan dengan nilai rata ndash rata yang diperoleh oleh kelas X dan kelas XI adalah sebesar 20 6. Dalam mengerjakan instrumen ini siswa memiliki persentase jawaban benar paling tinggi di tema keadaan benda yaitu sebesar 38 18% untuk kelas X dan 35 99% untuk kelas XI. Sedangkan skor rata - rata konsistensi representasi siswa mendapatkan kriteria cukup konsisten dimateri kelajuan rata ndash rata namun mendapat kriteria tidak konsisten untuk tema yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143383

Actions (login required)

View Item View Item