Pengaruh terhadap problem based learning dengan pendekatan STEM berbantuan formative assessment terhadap kemampuan penyeleseain masalah pada pokok bahasa fluida kelas xi SMA 1 Malang / Desi Rohmah Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh terhadap problem based learning dengan pendekatan STEM berbantuan formative assessment terhadap kemampuan penyeleseain masalah pada pokok bahasa fluida kelas xi SMA 1 Malang / Desi Rohmah Wahyuni

Wahyuni, Desi Rohmah (2020) Pengaruh terhadap problem based learning dengan pendekatan STEM berbantuan formative assessment terhadap kemampuan penyeleseain masalah pada pokok bahasa fluida kelas xi SMA 1 Malang / Desi Rohmah Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi fluida statis merupakan salah satu materi yang menuntut siswa menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi kemampuan penyelesaian masalah siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan pendekatan STEM berbantuan formative assesment terhadap kemampuan penyelesaian masalah pada pokok bahasan fluida statis. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Malang. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Kemampuan penyelesaian masalah siswa diukur dengan tes uraian yang disusun berdasarkan indikator kemampuan penyelesaian masalah Docktor 2016. Data pretest dan posttest dilakukan diuji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan persamaan Uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan Uji Fisher. Selanjutnya data uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t satu pihak sampel saling bebas dengan taraf signifikansi 0 05. Berdasarkan hasil analisis data posttest diperoleh data terdistribusi normal dan memiliki varian homogen. Berdasarkan hasil Uji-t satu pihak dapat diketahui bahwa keadaan kedua kelas beda secara signifikan dengan nilai thitung (2 1510) gt ttabel (2 0049). Selanjutnya nilai posttest kelas eksperimen (85 8) lebih tinggi daripada kelas kontrol (68 6). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pembelajaran dengan Problem Based Learning dengan pendekatan STEM berbantuan Assesment Formative lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah pembelajaran dengan Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143376

Actions (login required)

View Item View Item