Efektivitas penggunaan UKBM terhadap literasi sains materi alat optik dalam PjBL -STEM dengan asesmen formatif pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Malang / Choirun Nisah Alifiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan UKBM terhadap literasi sains materi alat optik dalam PjBL -STEM dengan asesmen formatif pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Malang / Choirun Nisah Alifiyah

Alifiyah, Choirun Nisah (2020) Efektivitas penggunaan UKBM terhadap literasi sains materi alat optik dalam PjBL -STEM dengan asesmen formatif pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Malang / Choirun Nisah Alifiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alifiyah Choirun Nisah. 2020. Efektivitas Penggunaan UKBM Terhadap Literasi Sains Materi Alat Optik Dalam Model PjBL-STEM Dengan Asesmen Formatif Pada Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 9 Malang Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Parno M.Si (2) Sentot Kusairi Kata Kunci UKBM berbasis PjBL-STEM PjBL-STEM Asesmen Formatif Literasi Sains Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut peserta didik untuk memili kemampuan literasi sains. Studi PISA tahun 2015 menyatakan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik saat ini masih tebilang rendah. Rendahnya literasi sains peserta didik dapat terjadi akibat proses belajar yang belum mengalami proses belajar yang secara utuh karena pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dalam artian peserta didik tidak dilatih untuk menyelesaikan permasalahan di kehidupan sehari-hari secara ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan UKBM berbasis PjBL-STEM terhadap literasi sains materi alat optik pada peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis rancanngan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran yang menggunakan UKBM berbasis PjBL-STEM dengan asesmen formatif sedangkan kelas kontrol perlakuan yang diberikan dengan model pembelajaran PjBL-STEM dengan asesmen formatif tetapi tidak menggunakan UKBM. Hasil pretest dan posttest kemampuan literasi sains peserta didik dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas uji homogentias dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dari uji hipotesis diperoleh thitung ttabel 6 890 1 67 dengan taraf signifikansi 0 05. Hasil hitung menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 9 Malang pada pokok bahasan alat optik yang diberi perlakuan menggunakan UKBM berbasis PjBL-STEM dengan asesmen formatif memiliki peningkatan kemampuan literasi sains yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM dengan asesmen formatif tanpa menggunakan UKBM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143375

Actions (login required)

View Item View Item