Pengaruh model pembelajaran poe (predict-observe-explain) terhadap prestasi belajar fisika materi gelombang bunyi siswa sma kelas XI/ Ayu Kristian Setianingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran poe (predict-observe-explain) terhadap prestasi belajar fisika materi gelombang bunyi siswa sma kelas XI/ Ayu Kristian Setianingtyas

Setianingtyas, Ayu Kristian (2020) Pengaruh model pembelajaran poe (predict-observe-explain) terhadap prestasi belajar fisika materi gelombang bunyi siswa sma kelas XI/ Ayu Kristian Setianingtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setianingyas A. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Prestasi Belajar Fisika Materi Gelombang Bunyi Siswa SMA Kelas XI. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd. (II) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata Kunci POE gelombang bunyi dan prestasi belajar Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang tergolong sulit bagi siswa. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru menjelaskan teori dan siswa hanya mendengarkan. Fisika yang dikenal dengan banyak rumus tersebut dengan proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru itu menyebabkan banyak siswa yang kurang maksimal dalam prestasi belajarnya. Dengan menggunakan model pembelajaran POE dimana sintaks model ini melibatkan siswa untuk berperan aktif. Keterlibatan siswa aktif menimbulkan proses pembelajaran yang aktif dan membangun komunikasi yang baik antar siswa dan guru melalui kegiatan diskusi dan menjelaskan. Dengan demikian model pembelajaran POE dapat membantu siswa untuk meningkatkan prestasi belajar fisika. Penelitian ini menggunakan desain peneletian semu (quasi experiment design). Bentuk rancangan penelitian yang digunakan adalah Post Test Only Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Variabel yang berpengaruh (variabel bebas) dalam penelitian ini adalah model pembelajaran baik itu model pembelajaran POE maupun model pembelajaran konvensional. Sedangkan variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah prestasi belajar fisika. Dalam penelitian ini siswa dibimbing untuk menyampaikan prediksi atas fenomena yang diberikan di awal pembelajaran kemudian siswa dibimbing untuk melakukan percobaan atas fenomena dalam materi Gelombang Bunyi secara berkelompok yang dilanjutkan dengan diskusi. Setelah itu siswa menjelaskan hasil diskusinya kepada teman yang lain dan menyimpulkan apakah prediksi yang telah dibuat benar atau tidak. Hasil prestasi belajar fisika siswa yang dilakukan melalui posttest memiliki rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 56 16 dan untuk kelas eksperimen sebesar 78 56. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran POE berbeda dengan prestasi belajar fisika kelas kontrol yang menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143374

Actions (login required)

View Item View Item