Pengembangan modul elektronik berbasis discovery learning berbantuan PhET untuk mahasiswa pada materi teori kinetik gas / Shinta Dewi Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik berbasis discovery learning berbantuan PhET untuk mahasiswa pada materi teori kinetik gas / Shinta Dewi Susanti

Susanti, Shinta Dewi (2020) Pengembangan modul elektronik berbasis discovery learning berbantuan PhET untuk mahasiswa pada materi teori kinetik gas / Shinta Dewi Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modul elektronik merupakan sebuah bentuk penyajian bahan belajar mandiri yang disusun secara sistematis ke dalam unit pembelajaran terkecil untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang dikemas lebih praktis dalam bentuk elektronik. Modul elektronik elektronik yang dikembangkan pada penelitian ini disusun dengan sintak Discovery Learningpada materi Teori Kinetik Gas. Modul berisikan peta konsep materi video stimulasi LKM percobaan dengan PhET contoh soal dan latihan soal yang telah disesuaikan dapat menuntun pengguna modul untuk mengikuti sintak Discovery Learning. Format modul berupa web dan dapat diakses melalui smart phone dan laptop.Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis pembelajaran penemuan yang dikombinasikan dengan PhET dalam materi teori gas kinetik dengan tujuan 1) memproduksi produk modul elektronik berbasis Discovery Learning pada Materi Teori Kinetic Gas untuk mahasiswa. (2) mengetahui kelayakan produk modul elektronik berbasis Discovery Learning dalam materi Teori Gas Kinetik untuk mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan model 4D oleh Thiagarajan yang memiliki 4 tahap yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) namun penelitian yang dilakukan hanya sebatas pada pengembangan (develop). Data yang diperoleh dari uji coba produk pengembangan modul teori kinetik gas berbasis Discovery Learning berbantuan PhET berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran yang termuat di dalam angket dan lembar validasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor dalam angket dan angket validasi. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa UM yang telah menemperoleh materi Teori kinetic gas. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli produk yang dikembangkan memperoleh persentase secara keseluruhan 87 7% yang berarti produk tersebut termasuk dalam kriteria yang sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Tes keterbacaan yang dilakukan terhadap 14 siswa pendidikan fisika UM memperoleh hasil bacaan rata-rata sebesar 96 4% dari kriteria keterbacaan yang termasuk dalam kategori terbaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143371

Actions (login required)

View Item View Item