pengembangan perangkat pembelajaran materi gelombang bunyi dengan model pjbl-stem terintegrasi tpack untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa sma / alifa nurul afida - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan perangkat pembelajaran materi gelombang bunyi dengan model pjbl-stem terintegrasi tpack untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa sma / alifa nurul afida

Afida, Alifa Nurul Afida (2021) pengembangan perangkat pembelajaran materi gelombang bunyi dengan model pjbl-stem terintegrasi tpack untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa sma / alifa nurul afida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Miskonsepsi siswa pada materi gelombang bunyi menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Model PjBL-STEM mampu membantu siswa dalam memahami konsep dan menyelesaikan permasalahan namun penelitian pada materi gelombang bunyi dengan PjBL-STEM masih sangat terbatas. Selain itu pembelajaran pada saat pandemic diperlukan pembelajaran secara daring sedangkan banyak teknologi digital yang diciptakan bukan khusus untuk pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan kerangka TPACK untuk melengkapi pembelajaran PjBL-STEM. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran gelombang bunyi dengan model PjBL-STEM terintegrasi TPACK pada pembelajaran daring berdasarkan validitas kepraktisan dan keefektifan dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Desain pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analyze design development implement evaluate. Hasil pengembangan diujicobakan pada satu kelas XI di salah satu SMAN di Kota Malang menggunakan one-grup pretest-posttest design. Pengambilan data validitas menggunakan metode angket meliputi lembar validasi perangkat pembelajaran. Subjek uji validitas terdiri dari 65 responden dari kelas XII yang telah menempuh materi gelombang bunyi. Kepraktisan perangkat diperoleh melalui observasi dan angket menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa. Data efektivitas perangkat diperoleh menggunakan metode tes menggunakan lembar soal evaluasi penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari uji beda dan N-Gain. Analisis data penelitian dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) validitas perangkat pembelajaran diperoleh 3 39 berkategori baik. (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran 97 47% terlaksana sesuai RPP dan siswa memberikan respon yang positif terhadap kegiatan pembelajaran. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran berkategori efektif berdasarkan N-gain penguasaan konsep sebesar 0 79 dan N-gain kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 0 17. Peningkatan penguasaan konsep setiap sub bab memiliki kategori tinggi. Penguasaan konsep paling lemah pada sub materi gelombang bunyi pada pipa organa dengan N-gain sebesar 0 72. Indikator pemecahan masalah paling lemah pada tahap physics approach dengan N-gain sebesar 0 11 dan tertinggi pada tahap useful description sebesar 0 44. Penelitian ini menekankan pentingnya penguasaan konsep agar siswa menyelesaikan masalah tidak lagi dominan secara matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran dengan model PjBL-STEM terintegrasi TPACK pada pembelajaran daring telah valid praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143367

Actions (login required)

View Item View Item