meta-analisis pengaruh pembelajaran group investigation terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa sma dan smp pada pelajaran fisika / anita - Repositori Universitas Negeri Malang

meta-analisis pengaruh pembelajaran group investigation terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa sma dan smp pada pelajaran fisika / anita

Anita (2021) meta-analisis pengaruh pembelajaran group investigation terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa sma dan smp pada pelajaran fisika / anita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daneffect sizemodel pembelajaranGroup Investigation(GI) terhadap pelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalahmeta-analisis yaitu metode statistik yang digunakan untuk mendeskripsikan hasil lima belas penelitian terdahulu secara kuantitatif dan kualitatif guna mengintegrasikan suatu kesimpulan.Sumber data dalam penelitian ini diambil dari jurnal nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkankeseluruhan hasil penelitian-penelitian terdahulu pembelajaran GI berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan hasil belajar fisika siswa denganeffect size0 231dalam kategori efek sedang dengan simpangan baku sebesar 0 164. Nilaieffect sizeberdasarkanjenjang pendidikan SMA sebesar0 264 berkategori besar dan jenjang pendidikan SMP sebesar 0 140 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran GI lebih baik terapkan pada jenjang pendidikan SMA dibandingkan dengan SMP.Pembelajaran GI juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam ranah afektif salah satunya kemampuan kerja sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2021 04:29
Last Modified: 10 Oct 2023 02:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143365

Actions (login required)

View Item View Item