pengembangan e-module berbasis pbl terintegrasi tpack untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sma pada materi usaha dan energi / aditya wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan e-module berbasis pbl terintegrasi tpack untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sma pada materi usaha dan energi / aditya wardani

Wardani, Aditya Wardani (2021) pengembangan e-module berbasis pbl terintegrasi tpack untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sma pada materi usaha dan energi / aditya wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebijakan pemerintah untuk melangsungkan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 menuntut guru untuk melakukan inovasi pembelajaran. Salah satunya adalah penyusunan bahan ajar yang memudahkan siswa belajar secara mandiri walau tetap dalam pengawasan guru. Modul elektronik sangat diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran selama daring yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-module berbasis Problem Based Learning (PBL) terintegrasi TPACK yang valid praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi Usaha dan Energi. Desain penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri dari tahapan pendefinisian desain pengembangan dan penyebaran. Desain penelitian yang digunakan untuk menguji efektifitas modul adalah desain one group pretest-postest. Sampel dari penelitian ini adalah 30 siswa kelas X SMAN Kota Malang. Validitas produk diperoleh dari penilaian ahli yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3 69 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk diperoleh dari hasil angket respon siswa yang mendapatkan kategori baik dengan persentase 79 44% untuk aspek keterbacaan 76 83% untuk aspek kemenarikan dan 80 28% untuk aspek kemudahan penggunan. Keefektifan produk diperoleh dengan mengukur peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan e-module. Berdasarkan uji paired sample t-test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0 000 lt 0 05 dari uji n-gain diperoleh nilai sebesar 0 6030 dengan kategori sedang dan pada uji effect size diperoleh nilai sebesar 2 53 dengan kategori kuat. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa e-module berbasis PBL yang terintegrasi TPACK tergolong produk yang layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Usaha dan Energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143358

Actions (login required)

View Item View Item