pembelajaran seni karawitan jawa dalam kegiatan ekstrakurikuler di sman 2 trenggalek / gilang wihana ayustino - Repositori Universitas Negeri Malang

pembelajaran seni karawitan jawa dalam kegiatan ekstrakurikuler di sman 2 trenggalek / gilang wihana ayustino

Ayustino, Gilang Wihana Ayustino (2021) pembelajaran seni karawitan jawa dalam kegiatan ekstrakurikuler di sman 2 trenggalek / gilang wihana ayustino. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wihana Gilang. 2021. Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Karawitan Jawa di SMAN 2 Trenggalek. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Wara Suprihatin Dyah Pratamawati. M.Pd. (II) Hartono S.Sn. M.Sn. Kata Kunci Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Karawitan Jawa. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru yang didukung dengan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar untuk saling bertukar informasi. SMAN 2 Trenggalek merupakan sekolah yang menerapkan pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan Jawa. Kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan Jawa meraih berbagai prestasi diantaranya sebagai juara 3 lomba campursari tahun 2012 di pendopo Kabupaten Trenggalek juara 1 lomba vokal campursari di UNESA tahun 2014 dan juara harapan 1 lomba iringan tari Turangga Yaksa tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan Jawa di SMAN 2 Trenggalek. Hasil data yang ingin dipaparkan antara lain adalah hasil observasi wawancara serta dokumentasi. Metode peneliatian adalah kualitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan cara mereduksi data menyajikan data serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang diterapkan dibagi menjadi 3 yaitu 1) Perencanaan pembelajaran yang diterapkan yakni (a) Tujuan pembelajaran (b) Materi pembelajaran (c) Metode pembelajaran 2) Pelaksanaan Pembelajaran dibagi menjadi tiga tahapan yakni kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup 3) Evaluasi dalam pembelajaran yang diterapkan ada dua penilaian yakni penilaian proses dan penilaian hasil. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan Jawa di SMAN 2 Trenggalek meliputi tiga hal perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan dengan penelitian serupa dengan membuat video pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143348

Actions (login required)

View Item View Item