Gending iringan tari beskalan lanang di padepokan seni mangun dharma Kabupaten Malang / Samba Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Gending iringan tari beskalan lanang di padepokan seni mangun dharma Kabupaten Malang / Samba Pratama

Pratama, Samba (2020) Gending iringan tari beskalan lanang di padepokan seni mangun dharma Kabupaten Malang / Samba Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Samba. 2020. Gending Iringan Tari Beskalan Lanang di Padepokan Seni Mangun Dharma Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd (II) Hartono S.Sn M.Sn. Kata Kunci Gending Beskalan Lanang Malang Beskalan Lanang merupakan salah satu tari tradisional di Kabupaten Malang. Sama halnya dengan tari tradisional lainnya tari Beskalan Lanang mempunyai iringan tari sebagai pemandu gerak. Iringan disajikan menggunakan seperangkat gamelan Jawa dengan kekhasan garap dan bentuk gagrag Malang. Dalam kurun waktu terakhir ini penelitian mengenai gending iringan tari Beskalan Lanang masih belum ada. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai gending iringan tari tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup notasi yang digunakan alat musik yang digunakan dan vokal dalam iringan tari Beskalan Lanang di Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dalam bentuk audio dan visual pada pertunjukan ini diperoleh dari rekaman tari Beskalan Lanang di Padepokan Seni Mangun Dharma. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Untuk menjaga keabsahan data digunakan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut. Pertama masalah notasi yang digunakan dalam iringan tari tersebut. Notasi yang digunakan adalah notasi kepatihan. Notasi atau balungan gendhing tidak hanya digunakan sebagai sebagai alat pengingat bagi pengrawit saja akan tetapi juga digunakan sebagai acuan atau titik tolak pengrawit dalam memainkan ricikan vokal menentukan bentuk gending garap gending maupun analisis lainnya seperti laras dan pathet. Kedua alat musik yang digunakan dalam iringan tari Beskalan Lanang yaitu meliputi kendang bonang babok bonang penerus demung saron peking kempul gong kenong kethuk gambang siter kecer slenthem. Semua alat musik tersebut mempunyai teknik pukulan tersendiri dalam karawitan gaya Malang sehingga menghasilkan ciri khas dan karakter tersendiri. Ketiga masalah vokal yang digunakan dalam iringan tari tersebut. Dalam karawitan gagrag Malang vokal harus dilantunkan dengan keras tegas dan tidak ldquo nggandhul rdquo . Hal tersebut dikarenakan kendhangan gaya Malang yang cenderung menjerat irama sehingga akan tertinggal irama gending apabila dilantunkan tidak pada tempatnya atau nggandhul. Kesimpulan dari penelitian ini adalah iringan tari Beskalan Lanang di Padepokan Seni Mangun Darma Kabupaten Malang tersusun dari beberapa macam gending yaitu (1) gending Gonggongan (2) gending Beskalan (3) gending Ijo-Ijo (4) gending Ricik-Ricik (5) gending Kembang Jeruk dan (5) gending Ricik-ricik dikidungi Ilir-ilir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143345

Actions (login required)

View Item View Item