Penerapan metode kodaly dalam meningkatkan keterampilan membaca notasi lagu di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri / Yuvan Adika Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode kodaly dalam meningkatkan keterampilan membaca notasi lagu di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri / Yuvan Adika Putra

Putra, Yuvan Adika (2020) Penerapan metode kodaly dalam meningkatkan keterampilan membaca notasi lagu di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri / Yuvan Adika Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adika Putra Yuvan. 2020. Penerapan Metode Kodaly dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Lagu di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. EW.Suprihatin Dyah P M.Pd. (2) Ika Wahyu Widyawati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci keterampilan membaca notasi lagu metode kodaly. Latar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wates yaitu kurangnya keterampilan peserta didik dalam membaca notasi lagu. Hal tersebut menyebabkan ketidaktercapaian KKM (75). KKM ditetapkan oleh sekolah yaitu 75 tetapi yang tercapai baru 25% (8 peserta didik) dari 5 peserta didik. Guru Seni Budaya memberikan materi Seni Musik hanya bersumber dari buku paket BSE Seni Budaya dan tidak dibahas secara detail. Sehingga keterampilan membaca notasi peserta didik masih kurang yang mengakibatkan keterampilan bernyanyi menjadi rendah. Metode pembelajaran yang digunakan guru antara lain ceramah diskusi dan praktikum dengan materi berformat file powerpoint sehingga peserta didik mudah bosan dan jenuh pada saat kegiatan pembelajaran daring dari rumah. Berdasarkan uraian permasalahan peneliti menerapkan metode kodaly dalam pembelajaran Seni Budaya sub bidang Seni Musik pada materi membaca notasi lagu. Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca notasi lagu melalui penerapan metode kodaly pada peserta didik Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wates. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan tahapan perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian Kelas VIII-A berjumlah 35 orang. Pelaksanaan penelitian dilakukan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan total 5 kali pertemuan. Siklus I sebanyak 2 kali pertemuan sedangkan pada siklus II sebanyak 3 kali pertemuan. Analisis data diperoleh dari hasil wawancara dan lembar penilaian. Prosedur penelitian meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Sedangkan pada teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai diatas KKM (75) sejumlah 3 orang dengan persentase 8 6% dan peserta didik yang mencapai nilai dibawah KKM (75) sejumlah 32 orang dengan persentase 91 4%. Sedangkan pada siklus II peserta didik yang mencapai nilai diatas KKM (75) sejumlah 29 orang dengan persentase 82 9% dan peserta didik yang mencapai nilai dibawah KKM (75) sejumlah 6 orang dengan persentase 17 1%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan metode kodaly dapat meningkatkan keterampilan membaca notasi hingga mencapai 82 9%. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan metode kodaly dalam materi membaca notasi lagu sebagai alternatif metode yang dapat digunakan setiap pembelajaran Seni Budaya sub bidang Seni Musik kelas VIII-A.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143343

Actions (login required)

View Item View Item