Struktur komposisi musik Dedes A Kidnap karya Noerman Rizky Alfarozy di Malang / Decky Anugrah Pratama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur komposisi musik Dedes A Kidnap karya Noerman Rizky Alfarozy di Malang / Decky Anugrah Pratama Putra

Putra, Decky Anugrah Pratama (2020) Struktur komposisi musik Dedes A Kidnap karya Noerman Rizky Alfarozy di Malang / Decky Anugrah Pratama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karya musik Dedes A Kidnap merupakan karya karawitan post modern. Ditandai dengan adanya conductor dalam karya ini dengan fungsi sama seperti dalam orchestra musik barat yang menjadi perubah irama lagu. Noerman Rizky menyatakan ada bagian pada struktur komposisi musik ini yang membutuhkan conductor karya karawitan pada umumnya menggunakan kendhang sebagai perubah irama namun dalam karya ini seorang pengendang harus melihat conductor pada beberapa bagian inilah yang menjadi keistimewaan pada karya musik Dedes A Kidnap karya karawitan pada umumnya menggunakan kendhang sebagai perubah irama. Hal ini yang menjadikan alasan peneliti untuk menggali lebih dalam lagi mengenai struktur komposisi musik Dedes A Kidnap karya Noerman Rizky di Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Struktur Komposisi Musik Dedes A Kidnap Karya Noerman Rizky di Malang Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur komposisi musik Dedes A Kidnap dibagi menjadi ritmis melodi harmoni dan dinamika yang di gunakan di lagu ini. Laras pathet jenis lagu padhang-ulihan dan wirama juga merupakan struktur komposisi musik dalam karya musik Dedes A Kidnap. Lagu dalam karya ini memiliki 17 tema yang sudah di klasifikasi oleh peneliti. Beberapa tema mengharuskan para pemain untuk melihat conductor pada beberapa tema. Tema-tema tersebut yang akan membentuk cerita dari karya musik Dedes A Kidnap. Kesimpulan penelitian ini adalah struktur komposisi musik Dedes A Kidnap memiliki susunan unsur musik dalam komposisi ritme melodi harmoni dan dinamika. Ritme dalam karya musik ini dipimpin oleh seorang conductor. Terdapat 17 melodi tema yang sudah di klasifikasi oleh peneliti. Harmoni yang terdapat dalam karya musik Dedes A Kidnap merupakan harmoni yang terbentuk dari alat musik bonang barung dan bonang penerus. Dinamika yang digunakan adalah dinamika forte piano pianissimo dan mezzoforte. Dengan adanya penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih dalam lagi dan membahas tentang teknik permainan karya Dedes A Kidnap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143341

Actions (login required)

View Item View Item