Perancangan mobile learning berbasis android tentang informasi HIV Aids bagi remaja / Ahmad Fathul Aziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan mobile learning berbasis android tentang informasi HIV Aids bagi remaja / Ahmad Fathul Aziz

Fathul Aziz, Ahmad (2015) Perancangan mobile learning berbasis android tentang informasi HIV Aids bagi remaja / Ahmad Fathul Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aziz Ahmad Fathul. 2015. Perancangan Mobile Learning berbasis Android tentang Informasi HIV AIDS bagi Remaja. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Moch. Abdul Rohman S.Sn M.Sn. (II) Rudi Irawanto S.Pd M.Sn. Kata kunci mobile learning berbasis android informasi HIV AIDS remaja Epidemi HIV AIDS di dunia termasuk di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu. Program penanggulangan HIV AIDS yang ada masih belum komprehensif dan belum merata di seluruh wilayah kota dan kabupaten di Indonesia. Sedikitnya media informasi yang interaktif tentang HIV AIDS di Indonesia serta kurangnya sosialisasi yang diberikan seputar pengetahuan tentang HIV AIDS menyebabkan sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum paham betul cara pencegahan cara penularan dan penanganan HIV/AIDS. Akibatnya stigma negatif dan diskriminasi terhadap pengidap HIV/AIDS masih cukup kuat. Untuk menjawab kebutuhan akan informasi yang benar tentang seputar HIV AIDS maka dikembangkan Mobile Learning berbasis Android sebagai media informasi interaktif. Model perancangan yang digunakan dalam perancangan Mobile Learning berbasis Android ini adalah model perancangan prosedural menggunakan metode penelitian yang diadopsi dari kerangka perancangan Sadjiman Ebdi Sanyoto yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Model perancangan prosedural yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Model yang bersifat deskriptif menjelaskan suatu keadaan mengenai apa dan bagaimana berapa banyak sejauh mana dan sebagainya. Hasil perancangan ini berbentuk Mobile Learning dengan konsep gaya desain flat UI yang memberikan informasi kombinasi antara tekstual dan audiovisual dapat dipakai sebagai salah satu media yang komunikatif dan informatif. Materi disampaikan dengan bahasa yang singkat dan menarik agar mudah dipahami. Produk dari proses perancangan ini berupa mobile learning berbasis Android multimedia interaktif PC ebook dan buku saku ini diharapkan bisa menjadi media informasi yang menarik tentang HIV AIDS beserta akses layanan yang mudah diakses kapanpun dimanapun dan oleh siapapun terutama remaja yang juga merupakan kelompok beresiko terinfeksi HIV AIDS. Sehingga harapannya angka infeksi baru HIV AIDS dikalangan remaja usia 12-25 tahun khususnya di Malang akan berkurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item