Penerapan model pembelajaran pair checks untuk melatih keterampilan membaca Bahasa Mandarin siswa kelas X di SMA Negeri 6 Malang / Philia Christy Manullang - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran pair checks untuk melatih keterampilan membaca Bahasa Mandarin siswa kelas X di SMA Negeri 6 Malang / Philia Christy Manullang

Manullang, Philia Christy (2020) Penerapan model pembelajaran pair checks untuk melatih keterampilan membaca Bahasa Mandarin siswa kelas X di SMA Negeri 6 Malang / Philia Christy Manullang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran pair checks adalah model pembelajaran berkelompok yang saling berpasangan dan mengutamakan kemandirian siswa dalam menyelesaikan persoalan. Tahapan dari model pembelajaran pair checks adalah siswa bekerja secara berpasangan ada yang memiliki peran sebagai pelatih dan ada yang memiliki peran sebagai partner ada yang memberikan persoalan dan ada yang mengerjakan meneliti jawaban bertukar peran membuat kesimpulan melakukan evaluasi dan refleksi. Keterampilan membaca merupakan salah satu aspek penting dalam keterampilan berbahasa terutama pada pelajaran bahasa Mandarin. Siswa dapat menjawab soal dengan tepat setelah memahami dan teliti akan bacaan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran pair checks yang dilaksanakan secara online untuk melatih keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas X di SMA Negeri 6 Malang dan (2) respons siswa kelas X di SMA Negeri 6 Malang terhadap model pembelajaran pair checks yang dilaksanakan secara online dalam melatih keterampilan membaca bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Mandarin dan siswa kelas X-MIPA 3 SMA Negeri 6 Malang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi ketiga observer dan wawancara dengan lima belas siswa kelas X-MIPA 3 SMA Negeri 6 Malang. Melalui hasil observasi peneliti mengambil kesimpulan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran pair checks dapat berjalan dengan baik. Siswa sangat aktif dan bersemangat dalam belajar bahasa Mandarin. Siswa tidak hanya mampu menguasai isi bacaan yang diberikan oleh guru tetapi juga mampu meningkatkan kemampuan membaca. Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui bahwa siswa merasa kelas menjadi lebih tertib. Mereka mampu belajar mengoreksi soal dengan benar. Model ini dapat melatih siswa untuk menerima kritik dan saran. Melalui penerapan model pembelajaran pair checks peneliti juga memiliki beberapa saran. Saat kegiatan belajar guru lebih memperhatikan waktu pembelajaran. Jika guru menggunakan pembelajaran online suara guru dapat lebih keras agar siswa mampu mendengarkan dengan jelas. Model pembelajaran ini dapat diterapkan pada keterampilan bahasa yang lain ataupun mata pelajaran yang lain. Apabila siswa belum menguasai materi maka model pembelajaran ini kurang tepat untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143332

Actions (login required)

View Item View Item