Penerapan model pembelajaran project based learning melalui teknik pembelajaran storyline pada keterampilan menulis siswa kelas XI IBB SMAN 6 Malang / Muhammad Dilan Humam - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran project based learning melalui teknik pembelajaran storyline pada keterampilan menulis siswa kelas XI IBB SMAN 6 Malang / Muhammad Dilan Humam

Humam, Muhammad Dilan (2020) Penerapan model pembelajaran project based learning melalui teknik pembelajaran storyline pada keterampilan menulis siswa kelas XI IBB SMAN 6 Malang / Muhammad Dilan Humam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yang dikombinasikan dengan teknik pembelajaran Storyline dan untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran tersebut. Model pembelajaran Project Based Learning melalui teknik pembelajaran Storyline diterapkan pada kelas XI IBB SMAN 6 Malang yang beranggotakan 12 siswa pada mata pelajaran bahasa Jerman dengan materi Essen und Trinken yang dilakukan secara daring melalui WhatsApp. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data di dalam penelitian ini merupakan observasi dan kuesioner. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan hasil pengamatan terhadap kegiatan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning melalui teknik Storyline. Data hasil kuesioner diperoleh dari lembar kuesioner yang telah diisi oleh siswa setelah melaksanakan pembelajaran untuk mengetahui respons siswa terkait model pembelajaran yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning yang dikombinasikan dengan teknik pembelajaran Storyline berjalan dengan baik dan secara keseluruhan siswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Respons siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning melalui teknik pembelajaran Storyline juga menunjukkan hasil yang positif. Melalui kegiatan diskusi kelompok di dalam model pembelajaran Project Based Learning dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah yang diberikan dan dengan teknik pembelajaran Storyline dapat membantu mereka menuangkan ide ke dalam tulisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143322

Actions (login required)

View Item View Item