Perancangan buku berbasis fotografi jurnalistik tentang Aremania / Dini Redina Mufarokhah Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku berbasis fotografi jurnalistik tentang Aremania / Dini Redina Mufarokhah Kusuma

Kusuma, Dini Redina MufarokhahDini (2015) Perancangan buku berbasis fotografi jurnalistik tentang Aremania / Dini Redina Mufarokhah Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Redina Dini. 2015. Perancangan Buku Aremania Berbasis Fotografi Jurnalistik Sebagai Media Komunikasi Massa. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Rudi Irawanto S.Pd M.Sn (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn. Kata Kunci Buku Aremania Fotografi Jurnalistik Aremania adalah sebutan untuk komunitas pendukung (suporter) klub sepak bola Arema Malang. Aremania adalah pionir komunitas pendukung klub sepak bola di Indonesia. Aremania tidak termasuk dalam struktur organisasi PS Arema Malang melainkan berdiri sendiri sebagai organisasi independen pendukung Arema. Masyarakat menganggap komunitas suporter Arema atau yang sering disebut Aremania sebagai suporter yang fanatik dan dan atraktif dalam mendukung timnya. Akan tetapi terkadang sikap fanatik dan atraktif suporter sepak bola diekspresikan dengan berlebihan sehingga tidak jarang mereka dianggap sebagai biang kerusuhan. Perancangan buku Aremania ini dibuat karena Aremania sebagai suporter bola dianggap sebagai biang kerusuhan. Maka tujuan perancangan ini untuk meningkatkan citra masyarakat terhadap Aremania. Model perancangan yang digunakan dalam perancangan ini adalah model perancangan prosedural menggunakan metode penelitian yang diadopsi dari Sanyoto. Model perancangan yang prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk secara sistematis dan bertahap dalam menghasilkan sebuah karya desain. Hasil perancangan ini adalah buku berbasis fotografi jurnalistik yang ditujukan untuk kalangan berjenjang Remaja-Dewasa dengan rentang usia mulai dari 16 sampai dengan 40 tahun. Buku Aremania berbasis fotografi jurnalistik ini menggunakan konsep gaya desain Beggarstaff. Media komunikasi massa berupa buku Aremania berbasis jurnalistik dipilih karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan media lain yaitu pada tampilan visual foto jurnalistiknya berisi foto berita/laporan mengenai kegiatan kreatif dan sosial yang dilakukan Aremania tidak ada rekayasa dan mudah dipahami karena terdapat naskah penjelasan foto yang komunikatif dan dicetak full colour.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item View Item