digitalisasi bahan ajar perkuliahan evaluation im deutschunterricht / silmy muthiah mawardah - Repositori Universitas Negeri Malang

digitalisasi bahan ajar perkuliahan evaluation im deutschunterricht / silmy muthiah mawardah

Mawardah, Silmy Muthiah Mawardah (2021) digitalisasi bahan ajar perkuliahan evaluation im deutschunterricht / silmy muthiah mawardah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendigitalisasi bahan ajar perkuliahan Evaluation Im Deutschunterricht yang dapat memenuhi dengan kriteria kelayakan buku digital. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D S.Thiagarajan Dorothy S.Semmel dan Melvyn I.Semmel yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Disseminate. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman yang sedang menempuh matakuliah Evaluation Im Deutschunterricht pada tahun 2021 semester genap. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data angket dari respon mahasiswa offering C terhadap buku digital dan data angket dari uji validitas buku digital dianalisis dengan menggunakan teori validitas isi milik Gregory (2016). Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa buku digital yang dikembangkan termasuk dalam kategori validitas isi sangat tinggi dengan hasil 0 96. Hasil implementasi pada mahasiswa menunjukkan bahwa buku digital memiliki tampilan yang menarik mudah dipahami mudah diakses mendukung interaksi antara dosen dan mahasiswa serta dapat meningkatkan proses pembelajaran. Kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa buku digital untuk matakuliah Evaluation Im Deutschunterricht layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143318

Actions (login required)

View Item View Item