pengembangan modul untuk melatih keterampilan mendengarkan tema kennenlernen kelas x lintas minat sma negeri 1 kesamben kabupaten blitar / ayu puspitasari gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan modul untuk melatih keterampilan mendengarkan tema kennenlernen kelas x lintas minat sma negeri 1 kesamben kabupaten blitar / ayu puspitasari gunawan

Gunawan, Ayu Puspitasari Gunawan (2021) pengembangan modul untuk melatih keterampilan mendengarkan tema kennenlernen kelas x lintas minat sma negeri 1 kesamben kabupaten blitar / ayu puspitasari gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan bahan ajar yang berupa modul. Modul yang dikembangkan untuk melatih keterampilan menyimak atau mendengarkan. Ukuran modul yang dikembangkan sesuai denngan ukuran kertas A4 (21 cm x 29 7 cm) dan berbentuk pdf sehingga modul ini dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi WPS Office yang terdapat pada handphone maupun laptop. Materi yang dipelajari pada modul ini adalah materi kelas X semester 1 dengan tema Kennenlernen (perkenalan) Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Sugiyono (2016) yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Tahapan penelitian dan pengembangan yang telah dimodifikasi adalah sebagai berikut (1) pengumpulan data (2) desain produk (3) validasi desain (4) uji coba produk (5) revisi desain dan produk. Produk yang berupa modul ini telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilakukan dengan responden uji coba sejumlah 33 siswa- siswi. 19 siswa dari kelas X IPS 2 dan 14 siswa dari kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Kesamben. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket. Data yang diperoleh berdasarkan hasil angket dari ahli media ahli materi dan responden uji coba. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh prosentase sebesar 79% sedangkan hasil validasi ahli materi sebesar 89%. Berdasarkan tingkat validitas dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan peneliti ini termasuk dalam kategori ldquo sangat valid rdquo . Berdasarkan hasil pengisian angket oleh responden uji coba diperoleh hasil bahwa modul ini menarik dan dapat membantu siswa belajar bahasa Jerman secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143312

Actions (login required)

View Item View Item