penerapan strategi pembelajaran show and tell untuk melatih keterampilan berbicara bagi siswa kelas xi bahasa sman 9 malang / kezia irma dwi anggun - Repositori Universitas Negeri Malang

penerapan strategi pembelajaran show and tell untuk melatih keterampilan berbicara bagi siswa kelas xi bahasa sman 9 malang / kezia irma dwi anggun

Anggun, Kezia Irma Dwi Anggun (2021) penerapan strategi pembelajaran show and tell untuk melatih keterampilan berbicara bagi siswa kelas xi bahasa sman 9 malang / kezia irma dwi anggun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan cara yang digunakan guru agar tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Show and tell merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Strategi tersebut dapat digunakan untuk melatih keterampilan berbicara pada tema Essen und Trinken. Strategi show and tell diterapkan pada saat pembelajaran berlangsung serta digunakan agar siswa dapat berlatih berbicara bahasa Jerman pada tema Essen und Trinken. Show and tell membutuhkan media gambar sebagai alat bantunya. Gambar tersebut berfungsi agar siswa dapat menyampaikan pesan melalui gambar yang didapat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan serta mengetahui respons siswa terhadap strategi show and tell dalam pembelajaran bahasa Jerman pada tema Essen und Trinken di SMAN 9 Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 23 siswa kelas XI Bahasa SMAN 9 Malang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan kuesioner siswa. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya strategi show and tell siswa merasa terbantu dalam berbicara dan lebih antusias selama pembelajaran. Siswa juga menunjukkan respons yang baik selama pembelajaran menggunakan show and tell. Show and tell membantu siswa lebih percaya diri dalam berbicara pada tema Essen und Trinken. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa show and tell dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk tema Essen und Trinken.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143308

Actions (login required)

View Item View Item