penokohan dalam antologi cerita anak pengantar tidur karya abdullah muhammad abdul mu'tiy / miftakhurifka an-nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

penokohan dalam antologi cerita anak pengantar tidur karya abdullah muhammad abdul mu'tiy / miftakhurifka an-nisa

An-nisa, Miftakhurifka An-nisa (2021) penokohan dalam antologi cerita anak pengantar tidur karya abdullah muhammad abdul mu'tiy / miftakhurifka an-nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bercerita merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu perkembangan moral anak. Antologi Cerita Anak Pengantar Tidur Karya Abdullah Muhammad Abdul Mu rsquo tiy dapat digunakan sebagai bahan bercerita kepada anak. Antologi tersebut mengandung berbagai macam nilai pendidikan untuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penokohan pada tokoh utama dan pesan tokoh dalam Antologi Cerita Anak Pengantar Tidur Karya Abdullah Muhammad Abdul Mu rsquo tiy serta menyusun model penerapan hasil kajian dalam pembelajaran dirasah natsriyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam antologi ini terdapat tujuh jenis tokoh yaitu tokoh protagonis tokoh antagonis tokoh sederhana tokoh bulat tokoh statis tokoh berkembang dan tokoh netral. Selain itu terdapat dua teknik penokohan yang diterapkan yaitu teknik dramatik dan teknik campuran (2) antologi ini memuat pesan tokoh yang berkaitan dengan ajaran lsquo amar ma rsquo ruf nahi munkar yang tampak pada cerita-cerita dengan pesan tokoh tentang bersyukur bersatu dan saling menolong berbuat baik terhadap sesama berpikir sebelum bertindak berbuat jujur patuh pada orangtua bersungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah larangan untuk malas serta larangan untuk berkhianat dan (3) peneliti merekomendasikan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran dengan pendekatan Student Centered Learning untuk diterapkan dalam pembelajaran dirasah natsriyah yang berfokus pada tokoh penokohan dan amanat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143295

Actions (login required)

View Item View Item