Kajian Ilmu ‘Arûdl dan Qawâfî Terhadap Qashîdah Zainabiyyah dalam Dîwân Ali Bin Abi Thalib - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian Ilmu ‘Arûdl dan Qawâfî Terhadap Qashîdah Zainabiyyah dalam Dîwân Ali Bin Abi Thalib

ILMIA, KHOLIDA (2021) Kajian Ilmu ‘Arûdl dan Qawâfî Terhadap Qashîdah Zainabiyyah dalam Dîwân Ali Bin Abi Thalib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu pokok bahasan yang ada pada mata kuliah Dirâsah Syi’riyyah adalah perubahan yang terjadi dalam bait syi’ir dan penentuan qâfiyah. Penelitian ini membahas tentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam Qashîdah Zainabiyyah menurut sudut pandang Ilmu ‘Arûdl. Selain itu, penelitian ini juga membahas tentang qâfiyah yang menjadi sorotan Qashîdah Zainabiyyah sehingga disebut juga dengan Qashîdah Bâ’iyyah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perubahan wazan yang terdapat pada Qashîdah Zainabiyyah serta jenis dan bentuk qawâfî yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bersumber datakan Dîwân Ali bin Abi Thalib. Peneliti sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan membaca dan memahami letak/bagian-bagian Qashîdah Zainabiyyah, kemudian peneliti menulis ulang syi’r tersebut ke dalam tulisan digital sesuai teks asli dan mencatat hal-hal penting sesuai dengan permasalahan penelitian sedangkan teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu membaca dan memahami bagian-bagian syi’r secara kritis, mentaqthî’ (memotong-motong) setiap bait syi’r, menganalisis dan menentukan bahr, zihâf, illah dan qâfiyah yang terdapat pada syi’r, mengklasifikasikan hasil analisis ‘arûdl dan qâfiyah, menjelaskan setiap sub bagian dari hasil klasifikasi data dan menarik kesimpulan. Sesuai dengan hasil penelitian, bahr yang terdapat dalam qashîdah ini adalah bahr kâmil. Perubahan yang terdapat dalam bahr kâmil pada Qashîdah Zainabiyyah ini hanya terdapat satu jenis, yaitu zihâf kategori mufrad, berupa idlmâr (mengganti huruf kedua yang hidup dengan yang mati). Sesuai dengan klasifikasi yang telah dilakukan oleh peneliti, idlmâr yang terdapat pada qashîdah ini terletak di bagian-bagian yang berbeda-beda. Idlmâr terdapat di semua bait Qashîdah Zainabiyyah kecuali bait ke-31. Hasil analisis terhadap jenis qawâfî yang terdapat dalam qashîdah ini secara keseluruhan memiliki satu jenis, yaitu mutadârak. Bentuk qâfiyahnya ada dua, yaitu satu kata dan sebagian kata. Adapun perbedaan pada setiap bait qashîdah ini terletak pada huruf-huruf serta harakat-harakat qâfiyahnya. Huruf qâfiyah utama dalam qashîdah ini adalah huruf ba’ yang berharakat zhummah. Huruf tersebut juga disebut dengan huruf qâfiyah rawiy muthlaq sedangkan harakatnya disebut dengan harakat majra’. Kesimpulannya, perubahan wazan dan juga perbedaan qâfiyah yang terdapat dalam qashîdah ini tidak begitu variatif sehingga memudahkan pembaca dalam teknik pembacaan dan pelafalannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 03:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143287

Actions (login required)

View Item View Item