Pengembangan bahan ajar pembelajaran Bahasa Arab berbasis kurikulum 2013 untuk siswa madrasah ibtidaiyah kelas VI semester I / Villah Aisyi Najib - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pembelajaran Bahasa Arab berbasis kurikulum 2013 untuk siswa madrasah ibtidaiyah kelas VI semester I / Villah Aisyi Najib

Najib, Villah Aisyi (2020) Pengembangan bahan ajar pembelajaran Bahasa Arab berbasis kurikulum 2013 untuk siswa madrasah ibtidaiyah kelas VI semester I / Villah Aisyi Najib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan bahan ajar berbasis kurikulum 2013 merupakan kegiatan menginovasi bahan ajar yang sudah ada sebelumnya sesuai dengan kurikulum yang digunakan pada proses pembelajaran saat ini yaitu kurikulum 2013. Adapun pengembangan pada penelitian ini merupakan pengembangan bahan ajar berbasis kurikulum 2013 dari bahan ajar yang ditulis oleh Muhammad Muflikh S.Ag. diterbitkan oleh Kementrian Agama tahun 2016 yang digunakan oleh siswa kelas VI Madrasah Ibttidaiyah YPPI Babat Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar pembelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum 2013 untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas VI semester I dan mendeskripsikan kelayakan penggunaannya. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar yang diberi judul ldquo Hayya Nata rsquo allam Al-lughah Al- lsquo arabiyah (Ayo Belajar Bahasa Arab) rdquo . Prosedur penelitian pengembangan ini diawali dengan tahap analisis kebutuhan berupa pengembangan materi kosa kata materi empat keterampilan bahasa yaitu keterampilan menyimak berbicara menulis dan membaca penambahan materi pola kalimat pengembangan tampilan bahan ajar serta kompetensi dan indikator pencapaian siswa. Materi kosa kata pada bahan ajar yang digunakan oleh siswa kelas VI MI YPPI Babat saat ini perlu dikembangkan karena terdapat kosa kata yang belum sesuai dengan gambar dan kesalahan penulisan. Adapun materi keterampilan bahasa pada bahan ajar tersebut perlu dikembangkan karena keterampilan bahasa membutuhkan isi materi yang mencakup ungkapan bahasa Arab yang lebih luas. Belum adanya pemaparan materi pola kalimat pada bahan ajar tersebut menjadi alasan peneliti menambahakan pola kalimat sebagai materi yang memudahkan siswa dalam menguasai keterampilan bahasa. Selain itu peneliti juga mengembangkan tampilan bahan ajar karena tampilan pada bahan ajar tersebut kurang memiliki daya tarik siswa dalam belajar bahasa Arab. Bahan ajar yang digunakan oleh siswa kelas VI MI YPPI Babat ini merupakan bahan ajar berbasis kurikulum 2013 yang mana kurikulum tersebut didasarkan pada kompetensi. Oleh sebab itu kompetensi juga ditambahkan dalam bahan ajar agar memudahkan guru mengetahui tingkat pencapaian siswa Tahap kedua yaitu perancangan bahan ajar yang dilakukan dengan mengorganisasikan materi menyusun materi sesuai dengan materi yang telah ditetapkan K13 menyusun komponen kelengakapan bahan ajar yang berupa sampul identitas pemilik buku kata pengantar daftar isi biografi penulis dan daftar rujukan kemudian mendesain tampilan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tahap ketiga yaitu uji ahli materi dan media. Tahap ini menghasilkan saran masukan dan penilaian ahli terhadap bahan ajar. Saran dan masukan dari ahli materi serta ahli media mengacu pada revisi 1. Materi yang direvisi berupa kesalahan penulisan dan gramatika bahasa. Adapun media yang direvisi berupa kesalahan penyesuaian gambar dan materi serta kesalahan dalam menyusun komponen kelengkapan bahan ajar. Tahap prosedur setelah revisi 1 yaitu uji lapang. Subjek uji lapang pada penelitian ini yaitu 10 siswa kelas VI madrasah ibtidaiyah YPPI 1945 Babat Lamongan. Kegiatan ini dilakukan dengan melaksanakan proses pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan selama tiga hari. tahap ini menghasilkan penilaian saran dan masukan dari praktisi serta angket respon siswa terhadap bahan ajar. Saran dan masukan dari praktisi mengacu pada revisi 2 pada bahan ajar. Adapun tahap prosedur yang terakhir adalah penyusunan produk akhir bahan ajar. Hasil kelayakan bahan ajar pada penelitian ini diperoleh dari penilaian ahli materi ahli media dan praktisi. Hasil presentase dari ahli materi yaitu 91 67% dari ahli media 80% dan dari praktisi 90%. Ketiga hasil presentase tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun prentase yang didapatkan dari angket respon siswa yaitu 96 67%. 3 33 persen dari 10 siswa mengalami kesulitan saat mengerjakan latihan soal. Hasil angket tersebut mendukung kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian dan hasil produk bahan ajar yang dikembangkan memiliki manfaat bagi guru siswa dan peneliti lain. Saran untuk guru bahan ajar ini dapat digunakan sebagai pedoman guru dalam menyampaikan materi dan mengetahui pencapaian belajar siswa melalui kompetensi pada bahan ajar. Saran untuk siswa bahan ajar dapat digunakan untuk sumber belajar bahasa Arab. Sedangkan saran untuk peneliti lain penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan untuk penelitian yang serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143279

Actions (login required)

View Item View Item