Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas III MI Setia Bhakti Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto / Natasya Sayyidah Ahsan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas III MI Setia Bhakti Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto / Natasya Sayyidah Ahsan

Ahsan, Natasya Sayyidah (2020) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas III MI Setia Bhakti Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto / Natasya Sayyidah Ahsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ahsan Natasya Sayyidah. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas III MI Setia Bhakti Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Skripsi Jurusan Sastra Arab Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing (1) Prof. Dr. Moh Ainin M.Pd (2) Dr. Achmad Sultoni S.Ag M.Pd.I Kata Kunci Model Pembelajaran Make A Match Kosakata Bahasa Arab MI Setia Bhakti. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran bahasa Arab di MI Setia Bhakti dan wawancara dengan guru bahasa Arab kelas III yang dilakukan oleh peneliti terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas III MI Setia Bhakti diketahui bahwa pembelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut menghadapi beberapa kendala. Diantaranya kurangnya penguasaan kosakata bahasa Arab kurangnya minat belajar siswa serta kurangnya penggunaan media serta model pembelajaran. Penelitian ini fokus pada persoalan pertama yaitu kurangnya penguasaan kosakata (mufrodat). Upaya yang dilakukan sebagai pemecahan masalah adalah penggunaan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas III MI Setia Bhakti (2) mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas III MI Setia Bhakti dengan menerapkan model pembelajaran make a match. Penelitian ini dilakukan di MI Setia Bhakti pada kelas III. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebanyak dua siklus dalam setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Tahap-tahap penelitian meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara (2) observasi (3) pemberian tes dan (4) angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran make a match dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Setiap pertemuan peserta didik diberi 5 mufrodat baru tentang Al-Hayawanaat. Kemudian penerapan model make a match. Peserta didik dibagi menjadi dua kelompok satu kelompok mendapatkan kartu yang berisi kosakata bahasa Arab dan kelompok satunya mendapatkan kartu yang berisi kosakata bahasa Indonesia (2) dengan digunakannya model pembelajaran make a match penguasaan kosakata siswa kelas III MI Setia Bhakti meningkat. Rata-rata nilai pre test siswa adalah 27 8 post test pada siklus I 80 3 dan 91 pada siklus II yang sudah memenuhi SKM pada post test terakhir. Persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 21 43% dari hasil pre-test hingga post-test siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas III MI Setia Bhakti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143272

Actions (login required)

View Item View Item