pembelajaran bahasa arab secara daring di masa pandemi covid-19 di ma bilingual batu / mohammad afif fauzan - Repositori Universitas Negeri Malang

pembelajaran bahasa arab secara daring di masa pandemi covid-19 di ma bilingual batu / mohammad afif fauzan

Fauzan, Mohammad Afif Fauzan (2021) pembelajaran bahasa arab secara daring di masa pandemi covid-19 di ma bilingual batu / mohammad afif fauzan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Munculnya wabah Covid-19 mengakibatkan berbagai persoalan di sektor pendidikan tidak terkecuali pembelajaran bahasa Arab di MA Bilingual Batu. MA Bilingual Batu menerapkan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan teknologi berupa aplikasi whatsapp youtube google form dan google classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dilakukan di kelas 10 MA Bilingual Batu meliputi (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) evaluasi hasil pembelajaran dan (4) kendala-kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan studi dokumen. Untuk menjaga kualitas data dilakukan pengecekan dengan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran dilakukan melalui penyusunan RPP one page (2) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan susunan langkah pembelajaran yaitu pendahuluan kegiatan inti dan penutup (3) evaluasi dilakukan melalui teknik tes dan non tes dan (4) kendala dalam pembelajaran antara lain jaringan internet yang kurang lancar masalah kuota dan motivasi belajar peserta didik yang kurang. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab secara daring dapat dilaksanakan dengan baik dengan sinergi dari semua pihak dan dukungan infrastruktur yang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143269

Actions (login required)

View Item View Item