Implementasi kurikulum bahasa arab tahun 2013 berbasis sistem kredit semester di Madrasah Aliyah Negeri kota Malang / Nur Aini Sholihatun Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum bahasa arab tahun 2013 berbasis sistem kredit semester di Madrasah Aliyah Negeri kota Malang / Nur Aini Sholihatun Jannah

Jannah, Nur Aini Sholihatun (2020) Implementasi kurikulum bahasa arab tahun 2013 berbasis sistem kredit semester di Madrasah Aliyah Negeri kota Malang / Nur Aini Sholihatun Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jannah Nur Aini Sholihatun. 2020. Implementasi Kurikulum Bahasa Arab Tahun 2013 berbasis Sistem Kredit Semester di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembing (I) Achmad Tohe M.A. Ph.D. (II) Dr. Lilik Nur Kholidah M. Pd. I Kata Kunci Kurikulum 2013 Sistem Kredit Semester Bahasa Arab Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kurikulum Bahasa Arab Tahun 2013 berbasis Sistem Kredit Semester (SKS) di MAN 1 kota Malang pada tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan kajian dokumen. Teknik analisis data meliputi reduksi data triangulasi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum Bahasa Arab Tahun 2013 berbasis SKS dijalankan dengan dua model yaitu program kelas 4 semester dan program kelas 6 semester. Tahap perencanaan mencakup penyusunan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus RPP prota promes dan UKBM. Sejumlah kendala ditemukan guru terutama dalam penyusunan RPP terkait identifikasi kegiatan belajar yang sesuai bentuk-bentuk latihan dan pengaturan waktu. Untuk mengatasi kendala tersebut sekolah mengadakan sejumlah workshop. Pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan 2x45 menit dalam seminggu. Pembelajaran berlangsung dengan metode ceramah tanya jawab dan diskusi. Media pembelajaran yang digunakan antara lain berupa audio dan video. Sumber pembelajaran adalah buku cetak Kemenag dan e-book. UKBM berupa penyelesaian soal-soal pendalaman materi yang sudah dipelajari di kelas. Berdasarkan hasil angket siswa pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan pendapat itu diperkuat oleh hasil prestasi belajar siswa yang baik. Namun siswa merasa kewalahan dalam menyelesaiakan tugas-tugas karena bersamaan dengan penyelesaian tugas-tugas mata pelajaran yang lain sehingga mengurangi waktu istirahat mereka. Evaluasi pembelajaran meliputi penilaian pengetahuan sikap dan keterampilan. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk menilai hasil belajar yang meliputi Penilaian Harian (PH) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) melalui tes tertulis tes lisan maupun penugasan. Jurnal harian digunakan untuk menilai sikap dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Penilaian keterampilan dilakukan terhadap kemampuan peserta didik mempraktikan keterampilan berbahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143261

Actions (login required)

View Item View Item