Pengembangan kartu kata berbahasa arab dan kegiatan pembelajarannya untuk siswa kelas III Madrasah Aliyah / Muhammad Zahid 'Afafarrasyihab Rahimadinullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kartu kata berbahasa arab dan kegiatan pembelajarannya untuk siswa kelas III Madrasah Aliyah / Muhammad Zahid 'Afafarrasyihab Rahimadinullah

Rahimadinullah, Muhammad Zahid 'afafarrasyihab (2020) Pengembangan kartu kata berbahasa arab dan kegiatan pembelajarannya untuk siswa kelas III Madrasah Aliyah / Muhammad Zahid 'Afafarrasyihab Rahimadinullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahimadinullah Muhammad Zahid Afafarrasyihab. 2020. Pengembangan Kartu Kata Berbahasa Arab dan Kegiatan Pembelajarannya untuk Siswa Kelas III Madrasah Aliyah. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nurul Murtadho M.Pd (II) Dr. Achmad Sultoni S.Ag. M.Pd.I Kata Kunci Pengembangan kartu kata bahasa Arab kegiatan pembelajaran Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran bahasa Arab pada salah satu Madrasah Aliyah di kabupaten Malang kurang efektif dan optimal terlebih pada pembelajaran kosakata. Akibatnya siswa merasa bosan dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang menarik sederhana dan inovatif agar tujuan dari pembelajaran kosakata bahasa Arab tercapai. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan kartu kata berbahasa Arab dan kegiatan pembelajarannya untuk siswa kelas III Madrasah Aliyah (2) Mendeskripsikan kelayakan pemanfaatan kartu kata berbahasa arab dan kegiatan pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan 6 tahap penelitian (1) penelitian dan pengumpulan data awal (2) perencanaan produk (3) mengembangkan produk (4) validasi produk (5) uji coba lapangan operasional (6) revisi tahap akhir. Sumber data ini adalah ahli materi ahli media ahli pembelajaran guru dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media ini berupa media kartu kata berbahasa Arab yang memiliki 2 bentuk yaitu bentuk peta konsep dan tampilan perkata. Media ini terdiri atas 2 bab sesuai dengan tema yang ada di buku LKS Bahasa Arab (Modul Pembelajaran Thawaf) Kurikulum Madrasah (KMA) 2019 Untuk Madrasah Aliyah Kelas III Semester 1. Media kartu kata berbahasa Arab dilengkapi dengan kegiatan pembelajaran bahasa Arab atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dikembangkan. Setelah melalui tahap validasi materi validasi media validasi pembelajaran dan penilaian guru maupun siswa diketahui bahwa uji ahli materi mendapatkan skor rata-rata 91 7% yang berarti sangat baik dengan kategori valid. Hasil uji ahli media mendapatkan skor rata-rata 68 2% yang berarti baik dengan kategori cukup valid. Sedangkan hasil uji ahli pembelajaran mendapatkan skor rata-rata 92 5% yang berarti sangat baik dengan kategori valid. Semua pernyataan dari hasil penilaian guru mendapatkan skor rata-rata 100% yang berarti sangat baik dengan kategori valid. Sedangkan penilaian oleh siswa mencapai skor rata-rata 92 8% yang berarti sangat baik dengan kategori valid. Adapun skor rata-rata secara keseluruhan adalah sebesar 89% dalam kategori valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kartu kata berbahasa Arab dan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab kelas III di Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143260

Actions (login required)

View Item View Item