Perancangan corparate identity "Gadhe Cinderamata" Tulungagung untuk meningkatkan citra merek / Jefry Novian Abrianto

Abrianto, Jefry Novian (2015) Perancangan corparate identity "Gadhe Cinderamata" Tulungagung untuk meningkatkan citra merek / Jefry Novian Abrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abrianto, Jefry Novian 2014. Perancangan Corporate Identity ÔÇ£Gadhe CinderamataÔÇØ Tulungagung untuk Meningkatkan Citra Merek. Jurusan Seni dan Desain. Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Drs. Pujiyanto, M.Sn. Pembimbing II: Mohammad Sigit, S.Sn      Kata kunci: Corporate Identity, Kaos, Citra Merek.     Dunia fashion di Indonesia saat ini semakin berkembang, karena tingkat perekonomian yang semakin membaik, hingga sektor ritel yang telah berkembang pesat. Di Indonesia banyak bermunculan merek kaos unik yang bertema budaya lokal. Di setiap kota besar di Indonesia banyak terdapat merek kaos khas masing-masing kota yang secara tidak langsung menjadi identitas atau ikon atau ciri khas dari kota tersebut. Tulungagung yang merupakan kota di wilayah selatan Jawa Timur juga memiliki merek kaos khas yang mengangkat lokalitas, yaitu ÔÇ£GadheÔÇØ. ÔÇ£GadheÔÇØ adalah satu-satunya merek kaos bertema pariwisata, sejarah dan budaya di Tulungagung. Konsumen ÔÇ£GadheÔÇØ datang dari dalam dan luar kota Tulungagung, antara lain Surabaya, Bali, Sumenep, Malang, Kediri dan Jogja. ÔÇ£GadheÔÇØ berpotensi untuk berkembang lebih baik lagi, baik kualitas produk mapun wilayah penjualan produk. Untuk mengembangkan ÔÇ£GadheÔÇØ diperlukan pembangunan citra merek yang baik di benak masyarakat, karena citra merek merupakan unsur penting bagi perusahaan untuk menciptakan daya ingat dan positioning merek ÔÇ£GadheÔÇØ di benak masyarakat. Meninjau dari masalah tersebut, ÔÇ£GadheÔÇØ membutuhkan rancangan corporate identity untuk membangun dan meningkatkan citra merek yang lebih baik di benak masyarakat.     Berdasarkan uraian di atas penulis mengangkat permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep dan rancangan corporate identity ÔÇ£GadheÔÇØ yang tepat untuk meningkatkan Citra Merek. Tujuan dan manfaat perancangan: (1) Menghasilkan konsep dan rancangan corporate identity ÔÇ£GadheÔÇØ yang tepat untuk meningkatkan Citra Merek. Penulis melakukan beberapa tahap dalam menyusun metode perancangan, yaitu melalui proses latar belakang, masalah lapangan, penyusunan masalah dan tujuan perancangan, identifikasi masalah, identifikasi data klien dan kompetitor, analisis data, konsep perancangan, alternatif desain, final desain, dan aplikasi desain.     Dari uraian tersebut, Penulis menarik kesimpulan bahwa perancangan corporate identity ÔÇ£GadheÔÇØ untuk meningkatkan citra merek memerlukan konsep yang kreatif serta aplikasi pada media yang tepat. Yaitu dengan cara menanamkan citra merek ÔÇ£GadheÔÇØ di benak masyarakat melalui aplikasi merek pada media in-store dan didukung oleh media promosi lainnya. Perancangan ini secara komprehensif terdiri atas desain logo, slogan, label, stationery kit, ambient media, fitting room, hanger, graphic standard manual, bussiness card, keset, manual book, stoffmap, wallpaper, neon box, buku nota, point of purchase, shopping bag, flyer, flyer dispenser, dan packaging bag.     

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14326

Actions (login required)

View Item View Item