Pengembangan buku panduan komunikasi bahasa Arab perhotelan / Annisa Malinda Natasya Hagk - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan komunikasi bahasa Arab perhotelan / Annisa Malinda Natasya Hagk

Hagk, Annisa Malinda Natasya (2020) Pengembangan buku panduan komunikasi bahasa Arab perhotelan / Annisa Malinda Natasya Hagk. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hagk Annisa Malinda Natasya. 2020. Pengembangan Buku Panduan Komunikasi Bahasa Arab Perhotelan. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhidayati M.Pd (II) Dr. Abdul Adzim Irsad. L.c. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Bahasa Arab Hotel Wisatawan dari Timur Tengah yang datang ke Bali semakin meningkat setiap tahunnya tetapi banyak dari karyawan hotel yang belum bisa berbicara bahasa Arab sehingga menyebabkan terjadinya kesulitan dalam berkomunikasi di antara mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan buku panduan komunikasi bahasa Arab perhotelan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan hotel dan kelayakan produk yang sesuai pendapat dari ahli materi dan ahli media. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R D) Oleh Sugiyono yang mencakup 6 tahapan (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) produk akhir. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi angket dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa buku panduan komunikasi bahasa Arab perhotelan yang memiliki 8 tema yakni (1) salam (2) reservasi (3) check in (4) restoran (5) layanan kamar (6) sewa mobil (7) pembayaran (8) check out dan dilengkapi dengan kosakata serta gambar-gambar yang relevan. Setelah produk selesai di kembangkan lalu dilakukan uji validasi materi dan media. Hasil rata-rata yang di peroleh dari hasil uji validasi media dan materi sebesar 82 5% yang menyatakan bahwa produk yang di kembangkan sudah layak untuk di gunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143259

Actions (login required)

View Item View Item