Penggunaan media sunduuqus sirri (kotak rahasia) untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufradat) siswa kelas V MI Muhammadiyah 02 Solokuro Lamongan / Lisfatin Rohmatul Ulya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media sunduuqus sirri (kotak rahasia) untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufradat) siswa kelas V MI Muhammadiyah 02 Solokuro Lamongan / Lisfatin Rohmatul Ulya

Ulya, Lisfatin Rohmatul (2020) Penggunaan media sunduuqus sirri (kotak rahasia) untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufradat) siswa kelas V MI Muhammadiyah 02 Solokuro Lamongan / Lisfatin Rohmatul Ulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ulya Lisfatin Rohmatul. 2020. Penggunaan Media Sunduuqus Sirri (Kotak Rahasia) Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Siswa Kelas V MI Muhammadiyah 02 Solokuro Lamongan. Skripsi Jurusan Sastra Arab Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing (1) Dra. Nur Anisah Ridwan M.Pd (2) Dr. Lilik Nur Kholidah M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Sunduuqus Sirri Kosakata Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Arab di MI Muhammadiyah 02 Solokuro Lamongan diketahui bahwa penguasaan kosakata bahasa Arab (mufradat) siswa kelas V masih tergolong rendah. Pernyataan tersebut diungkapkan langsung oleh guru bahasa Arab kelas V dan terbukti dari nilai hasil pre-test siswa yang rendah. Rendahnya penguasaan mufradat siswa disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab hal ini terlihat dari respon siswa yang kurang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Selain itu kurangnya strategi dan media pembelajaran yang menarik yang digunakan oleh guru membuat siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran berlangsung. Salah satu media yang cocok untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media sunduuqus sirri yang didesain dengan metode bermain. Media sunduuqus sirri merupakan media berbentuk kotak yang dapat diisi dengan kartu gambar miniatur objek dan benda asli yang memungkinkan dapat dimasukkan dalam kotak tersebut. Dalam penerapannya menuntut pelibatan indera penglihatan dan pendengaran sehingga siswa lebih mudah dalam memahami makna kata. Setiap pertemuan didesain dengan metode bermain yang berbeda-beda sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media Sunduuqus Sirriuntuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufradat) siswa kelas V MI Muhammadiyah 02 Solokuro Lamongan dan (2) peningkatan hasil pembelajaran kosakata bahasa Arab (mufradat) siswa kelas V di MI Muhammadiyah 02 Solokuro Lamongan setelah diterapkan media Sunduuqus Sirri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Tahap-tahap penelitian tiap siklus yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pada penelitian ini digunakan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-testsiklus I dan siklus II serta data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara (pra dan pascatindakan) observasi beserta pembagian angket sebelum dan sesudah penerapan. Dalam penggunaan media ini siswa melibatkan panca indera mereka untuk memahami makna mufradat baru. Dengan adanya keterlibatan panca indera tersebut memudahkan siswa dalam memperoleh makna mufradat baru. Sehingga penguasaan kosakata bahasa Arab (mufradat) siswa meningkat dengan menggunakan media sunduuqus sirri. Selain itu dalam penggunaan media ini juga diterapkan metode bermain yang berbeda-beda setiap pertemuan. Berdasarkan hasil pengamatan siswa terlihat lebih bersemangat lebih aktif serta merasa senang dalam mengikuti pembelajaran. Keterlibatan panca indera dan penerapan metode bermain ini membuat siswa lebih mudah memahami dan menghafal mufradat baru serta terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Sunduuqus Sirri dalam pembelajaran kosakata mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Muhammadiyah 02 Solokuro Lamongan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data dari pre-test post-testsiklus I dan post-testsiklus II. Dari hasil analisis data tersebut diperoleh data bahwa terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 27 35% dari hasil pre-testhingga post-test siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143258

Actions (login required)

View Item View Item