Pemetaan pembelajaran bahasa Arab SMA di Kabupaten Lumajang / Hanna Fauzia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan pembelajaran bahasa Arab SMA di Kabupaten Lumajang / Hanna Fauzia

Fauzia, Hanna (2020) Pemetaan pembelajaran bahasa Arab SMA di Kabupaten Lumajang / Hanna Fauzia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peta pembelajaran bahasa Arab di SMA di Kabupaten Lumajang yaitu kurikulum materi pembelajaran metode pembelajaran media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 SMA di Kabupaten Lumajang. Data penelitian berupa jawaban dari butir-butir pertanyaan pada angket. Sumber data pada penelitian ini adalah guru bahasa Arab di SMA Kabupaten Lumajang yang mengajarkan bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan penyebaran angket pada guru bahasa arab di SMA Kabupaten Lumajang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah )1) persiapan )2) klasifikasi data )3) tabulasi dan )4) interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) SMA Kabupaten Lumajang yang mengajarkan mata pelajaran bahasa Arab menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum KTSP (2) sebagian besar guru menggunakan materi berupa buku teks dan sebagian guru juga menggunakan buku penunjang serta menyusun materi sendiri untuk menambah wawasan siswa tentang kebahasaaraban (3) seluruh guru lebih banyak menggunakan metode audiolingual dalam mengajarkan bahasa Arab dari pada metode yang lainnya (4) mayoritas guru menggunakan media pembelajaran yang variatif dan (5) seluruh guru melakukan evaluasi pembelajaran setiap akhir unit pelajaran sedangkan tes yang digunakan berupa tes tulis dan tes lisan secara berimbang. Saran peneliti kepada pihak-pihak yang terkait yaitu (1) kantor kepala Diknas Kabupaten Lumajang hendaknya mendukung pembelajaran bahasa arab agar dibuka di seluruh SMA (2) kepala sekolah hendaknya mendukung pembelajaran bahasa Arab yang lebih baik dengan menyediakan media yang fungsional (3) guru bahasa Arab yang belum pernah mengikuti penataran seminar atau lokakarya tentang bahasa Arab hendaknya sering mengikuti penataran seminar atau lokakarya tentang bahasa Arab untuk meningkatkan profesionalisme guru itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143255

Actions (login required)

View Item View Item