Developing an interactive supplementary listening material for students of glolingo TOEFL preparation using LMS / Laksamana Fadian Zuhad Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing an interactive supplementary listening material for students of glolingo TOEFL preparation using LMS / Laksamana Fadian Zuhad Ramadhan

Ramadhan, Laksamana Fadian Zuhad (2020) Developing an interactive supplementary listening material for students of glolingo TOEFL preparation using LMS / Laksamana Fadian Zuhad Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menyimak merupakan keterampilan bahasa yang sangat penting untuk menyukseskan proses akuisisi Bahasa Inggris didukung oleh Liubiniene (2019) yang mendefinisikan peran menyimak sebagai alat untuk memahami proses belajar mengajar bahasa. Namun siswa sulit mendapatkan latihan mendengarkan untuk persiapan TOEFL karena tidak adanya materi yang tepat untuk mendukung pembelajaran mandiri saat intensitas belajar lewat kelas online sangat terbatas. Oleh karena itu peneliti mengembangkan materi tambahan menyimak pada kelas TOEFL yang berbasis LMS dimana materi berbasis multimedia online quiz dan chatroom untuk diskusi terintegrasi. Produk divalidasi oleh dosen dan tutor ahli TOEFL dan media belajar berbasis teknologi terkait aspek isi dan desain materi. Validasi menunjukkan validitas tinggi dengan skor rata-rata 79.41% dan 86.76% dari dua ahli. Ada juga perbaikan dalam hal tipografi dan variasi latihan. Versi produk yang direvisi kemudian diujicobakan kepada siswa kursus persiapan TOEFL Online Glolingo. Hasil uji coba menunjukkan bahwa rata-rata skor rata-rata secara umum adalah 84 85 yang berarti produk dianggap layak dan valid untuk digunakan sebagai bahan pelengkap. Luaran akhir dari riset ini adalah adalah materi menyimak tambahan dengan aktivitas gamifikasi dan elemen multimedia yang disediakan di LMS Glolingo.com untuk belajar mandiri. Produk dapat diakses melalui komputer pribadi atau ponsel yang mana merupakan keunggulan dari LMS berbasis web. Ada 3 bab yang disediakan dalam LMS yaitu 1) Percakapan 2) Diskusi 3) Kuliah Monolog. Setiap unit dilengkapi dengan aktivitas persiapan menyimak proses mendengarkan dan pasca-menyimak. Beberapa isu dapat dicegah dalam penelitian serupa di masa mendatang. Pertama pengguna tidak dapat menggunakan materi koneksi internet terbatas. Kedua halaman web yang lebih responsif perlu diterapkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Terlepas dari kekurangan yang ada hasil uji coba siswa menunjukkan potensi tinggi untuk pengembangan lebih lanjut dan untuk digunakan dalam skala yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143249

Actions (login required)

View Item View Item